Syahputri, Nurul Afifah (2023) THE EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN UNDERSTANDING MATHEMATICAL CONCEPT WITH MISSOURI MATHEMATIC PROJECT LEARNING MODEL IN GRADE VIII OF SMP NEGERI 1 AIR PUTIH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111014_Cover.pdf
Download (314kB)
4193111014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (568kB)
4193111014_Abstrak.pdf
Download (333kB)
4193111014_Kata_Pengantar.pdf
Download (353kB)
4193111014_Daftar_Isi.pdf
Download (467kB)
4193111014_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
4193111014_Daftar_Tabel.pdf
Download (315kB)
4193111014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (342kB)
4193111014_BAB_I.pdf
Download (870kB)
4193111014_BAB_V.pdf
Download (388kB)
4193111014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (519kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan guru sebagai pengamat dan peneliti sebagai pelaksana kegiatan. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII-7 yang berjumlah 32 siswa di SMP Negeri 1 Air Putih tahun ajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika pada materi statistika. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa deskripsi yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus dan observasi yang dilakukan oleh guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif untuk memecahkan masalah pada tingkat pemahaman konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan keterampilan pemahaman konsep siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Air Putih. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 46,8 dengan ketuntasan klasikal 31,3%, nilai rata-rata siklus I sebesar 55,1 dengan ketuntasan klasikal 53,1%, nilai rata-rata siklus II sebesar 66,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68,7% dan nilai rata-rata siklus III sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 87,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran matematika; Pemahaman konsep; Statistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 01:53 |
Last Modified: | 08 May 2024 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56478 |