THE EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN UNDERSTANDING MATHEMATICAL CONCEPT WITH MISSOURI MATHEMATIC PROJECT LEARNING MODEL IN GRADE VIII OF SMP NEGERI 1 AIR PUTIH

Syahputri, Nurul Afifah (2023) THE EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN UNDERSTANDING MATHEMATICAL CONCEPT WITH MISSOURI MATHEMATIC PROJECT LEARNING MODEL IN GRADE VIII OF SMP NEGERI 1 AIR PUTIH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111014_Cover.pdf] Text
4193111014_Cover.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4193111014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of 4193111014_Abstrak.pdf] Text
4193111014_Abstrak.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4193111014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111014_Kata_Pengantar.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 4193111014_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111014_Daftar_Isi.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 4193111014_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111014_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4193111014_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111014_Daftar_Tabel.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 4193111014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4193111014_BAB_I.pdf] Text
4193111014_BAB_I.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of 4193111014_BAB_V.pdf] Text
4193111014_BAB_V.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 4193111014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan guru sebagai pengamat dan peneliti sebagai pelaksana kegiatan. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII-7 yang berjumlah 32 siswa di SMP Negeri 1 Air Putih tahun ajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika pada materi statistika. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa deskripsi yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus dan observasi yang dilakukan oleh guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif untuk memecahkan masalah pada tingkat pemahaman konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan keterampilan pemahaman konsep siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Air Putih. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 46,8 dengan ketuntasan klasikal 31,3%, nilai rata-rata siklus I sebesar 55,1 dengan ketuntasan klasikal 53,1%, nilai rata-rata siklus II sebesar 66,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68,7% dan nilai rata-rata siklus III sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 87,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran matematika; Pemahaman konsep; Statistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 May 2024 01:53
Last Modified: 08 May 2024 01:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56478

Actions (login required)

View Item
View Item