Rastika, Alperiani (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION DI SMA NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173311078 COVER.pdf
Download (222kB)
2. NIM 2173311078 APPROVAL SHEET.pdf
Download (669kB)
3. NIM 2173311078 ABSTRACT.pdf
Download (409kB)
4. NIM 2173311078 PREFACE.pdf
Download (350kB)
5. NIM 2173311078 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (341kB)
6. NIM 2173311078 LIST OF TABLE.pdf
Download (212kB)
7. NIM 2173311078 LIST OF FIGURE.pdf
Download (211kB)
8. NIM 2173311078 APPENDICES.pdf
Download (211kB)
9. NIM 2173311078 CHAPTER I.pdf
Download (739kB)
13. NIM 2173311078 CHAPTER V.pdf
Download (348kB)
14. NIM 2173311078 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (519kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video animasi stop motion untuk mengetahui kemampuan pemahaman teks biografi, (2) mendeskripsikan hasil kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, dan guru Bahasa Indonesia, (3) mendeskripsikan keefetifan penerapan media pembelajaran stop motion dalam pembelajaran teks biografi. Adapun penelitian ini menggunakan metode R&D (Resercah and Devlompent. Instrumen yang digunakan adalah angket check list, pada validasi tim ahli materi, ahli desain, dan guru bidang studi yang bersumber dari BNSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran dalam bentuk stop motion di SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021 dalam kategori “sangat baik”. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilian tim ahli materi yang memperoleh skor 80% dan termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilian tim ahli media yang memperoleh skor 81, 05% dan termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi, materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa dan hasil penilaian dari materi selaku guru bidang studi memperoleh skor 81,25% yang dikategorikan “sangat baik”. Diperkuat dari hasil uji coba produk pada uji coba kelompok kecil yang mencapai skor 88,76% yang dikategorikan sangat baik dan diujikan pada kelompok besar yakni 87,58% yang dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk video animasi stop motion pada materi teks biografi di kelas X yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Stop Motion; Teks Biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:09 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56475 |