Simanjuntak, Josua (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 HAMPARAN PERAK. Undergraduate thesis, UNIMED.
4162311003_Cover.pdf
Download (217kB)
4162311003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (417kB)
4162311003_Abstrak.pdf
Download (786kB)
4162311003_Kata_Pengantar.pdf
Download (635kB)
4162311003_Daftar_Isi.pdf
Download (564kB)
4162311003_Daftar_Tabel.pdf
Download (864kB)
4162311003_Daftar_Gambar.pdf
Download (772kB)
4162311003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (566kB)
4162311003_BAB_I.pdf
Download (785kB)
4162311003_BAB_V.pdf
Download (591kB)
4162311003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (621kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Matematis Siswa Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Pelaksanaan penelitian ini akan dilakukan di SMP Negeri 1 Hamparan Perak yang beralamat di Jl. Besar Hamparan Perak, Klumpang Kb., Kec. Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20374. Waktu penelitian akan dilakukan pada bulan Maret 2023 sampa dengan Mei 2023 s/d Juni 2023. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-1 berjumlah 30 orang (kelas eksperimen) dan VIII-5 berjumlah 31 orang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dengan soal uraian. Teknik analisis data dengan uji t. Hasil penelitian yaitu diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,83 dan posttest kelas kontrol adalah 69,67, artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kelas eksperimen dengan model PBL lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan model konvensional. Hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung sebesar 6,52 dan ttabel sebesar 1,67 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Karena thitung > ttabel (6,52 > 1,67), maka hipotesis alternatif penelitian (H0) ditolak yang berarti hipotesis terjawab. Rata-rata Kemampuan pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diajarkan dengan Model Problem Based Learning Lebih Besar daripada Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak . Hasil uji keefektifan diperoleh bahwa n Gain yang diperoleh sebesar 0.40949735 yang termasuk kategori sedang. Dengan kategori tafsiran efektivitas n-Gain yaitu Kurang efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem based learning, Pemecahan Masalah, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 May 2024 09:51 |
Last Modified: | 07 May 2024 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56466 |