ANALISIS KEMAMPUAN TPACK CALON GURU BIOLOGI SMA DI ERA 5.0 SOCIETY PADA MATERI SEL DAN PEREDARAN DARAH

Nahampun, Joevan Houten (2023) ANALISIS KEMAMPUAN TPACK CALON GURU BIOLOGI SMA DI ERA 5.0 SOCIETY PADA MATERI SEL DAN PEREDARAN DARAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183141035_Cover.pdf] Text
4183141035_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4183141035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183141035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 4183141035_Abstrak.pdf] Text
4183141035_Abstrak.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4183141035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183141035_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141035_Daftar_Isi.pdf] Text
4183141035_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4183141035_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183141035_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4183141035_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183141035_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4183141035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183141035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4183141035_BAB_I.pdf] Text
4183141035_BAB_I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4183141035_BAB_V.pdf] Text
4183141035_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4183141035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183141035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dari calon guru biologi unimed. Instrumen yang digunakan ialah 35 Soal Tes TPACK yang dibuat dalam Google Form. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan TPACK mahasiswa pendidikan biologi selaku calon guru biologi SMA sudah terkategori tinggi dengan rata-rata, yaitu 68,45. Dari 116 Mahasiswa, 16.38% (19) mahasiswa memperoleh kategori sangat tinggi, 56,90% (66) Mahasiswa memperoleh kategori Tinggi, 17,24% (20) Mahasiswa
memperoleh kategori Sedang, 7,76% (9) Mahasiswa memperoleh kategori Rendah dan 1,72% (2) Mahasiswa memperoleh kategori Sangat Rendah. Berdasarkan data tes TPACK, kemampuan mahasiswa dalam memahami TPACK secara teori sudah terkategori tinggi dan secara praktik, kemampuan TPACK mahasiswa sudah terkategori sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil praktik mengajar mahasiswa, dari 116 Mahasiswa, 98,28% (114) mahasiswa memiliki kemampuan mengajar kategori sangat Tinggi dan 1,72% (2) Mahasiswa memperoleh kategori Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: TPACK, Sel, Sistem Peredaran Darah, Kemampuan Praktik Mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 07 May 2024 09:02
Last Modified: 07 May 2024 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56463

Actions (login required)

View Item
View Item