Sitorus, Nurfadillah (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA MAS YMPI ST. RASO KOTATANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191141016_Cover.pdf
Download (40kB)
4191141016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (929kB)
4191141016_Abstrak.pdf
Download (393kB)
4191141016_Kata_Pengantar.pdf
Download (957kB)
4191141016_Daftar_Isi.pdf
Download (313kB)
4191141016_Daftar_Gambar.pdf
Download (246kB)
4191141016_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
4191141016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (246kB)
4191141016_BAB_I.pdf
Download (600kB)
4191141016_BAB_V.pdf
Download (273kB)
4191141016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (305kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA MAS YMPI ST. Raso Kota Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS YMPI Kota Tanjungbalai, sedangkan sampel berjumlah 108 siswa yang diambil secara random sampling. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional. Instrumen penelitian berupa angket gaya belajar dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA MAS YMPI memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yaitu gaya belajar visual 70 siswa, gaya belajar auditorial 19 siswa, gaya belajar kinestetik 5 siswa dan gaya belajar visual–auditorial 14 siswa, gaya belajar visual lebih cenderung dimiliki siswa dengan jumlah sebanyak 70 siswa (65%). Hasil belajar siswa gaya belajar visual yang mencapai nilai KKM ada 11 siswa (16%), siswa gaya belajar auditorial yang mencapai nilai KKM ada 18 siswa (95%), siswa gaya belajar kinestetik tidak ada yang mencapai nilai KKM dan siswa gaya belajar visual-auditorial yang mencapai nilai KKM ada 10 siswa (71%). Dari harga koefisien korelasi di ketahui gaya belajar visual memiliki nilai rhitung 0,95 > rtabel 0,23, gaya belajar auditorial memiliki nilai rhitung 0,99 > rtabel 0,23, gaya belajar kinestetik memiliki nilai rhitung 0,97 > rtabel 0,87, dan gaya belajar visual-auditorial memiliki nilai rhitung 0,98 > rtabel 0,53, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak atau terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA MAS YMPI ST. Raso Kota Tanjungbalai. Harga indeks determinasi gaya belajar yang dimiliki siswa adalah 16% yang berarti bahwa 16% gaya belajar siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya belajar; hasil belajar biologi; Sistem ereksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 08:03 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56456 |