Hasibuan, Sawaludin Kahar (2022) Pengembangan Materi Teks Pidato Persuasif Berbantuan Media Podcast Siswa Kelas IX SMP Swasta Nur Cahaya Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186192002 COVER.pdf
Download (147kB)
2. NIM 8186192002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (254kB)
3. NIM 8186192002 ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (213kB)
4. NIM 8186192002 ABSTRACT.pdf
Download (142kB)
5. NIM 8186192002 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (174kB)
5. NIM 8186192002 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (174kB)
6. NIM 8186192002 LIST OF TABLES.pdf
Download (113kB)
7. NIM 8186192002 LIST OF FIGURES.pdf
Download (110kB)
8. NIM 8186192002 CHAPTER I.pdf
Download (516kB)
12. NIM 8186192002 CHAPTER V.pdf
Download (261kB)
13. NIM 8186192002 REFERENCES.pdf
Download (139kB)
Abstract
Proses pembelajaran akan berlangsung secara menarik, terarah dan sesuai denga napa yang ingin dicapai jika proses pembelajaran dapat tercipta secara efektif dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran dimaknai sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi dari pengajar kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran podcast dan juga untuk mengetahui: (1) bagaimana proses pengembangan materi teks pidato persuasif berbantuan media podcast, (2) Bagaimana hasil validasi pengembangan materi teks pidato persuasif berbantuan media podcast, (3) Bagaimana efektivitas pengembangan materi teks pidato persuasif berbantuan media podcast. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Subjek peneliti ini adalah materi teks pidato persuasif berbantuan media podcast. Adapun sampel yang digunakan pada peneliti ini adalah dua guru Bahasa Indonesia dan tiga puluh dua siswa kelas IX SMP Swasta Nur Cahaya Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Penelitian ini dilakukan sampai tiga tahap, yakni tahap I analisis, tahap II pengembangan produk, dan tahap III pengembangan dan uji coba produk. (2) Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi, kelayakan Bahasa dan kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92,85%. Hasil validasi ahli media untuk penilaian keseluruhan produk/media memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92,96%. (3) Efektifitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 88,90%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan, bahwa media pembelajaran pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas IX SMP Swasta Nurcahaya Medan pada pembelajaran teks pidato persuasif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.914 2 Pan p |
Keywords: | media podcast, teks pidato persuasive |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:24 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56449 |