Samosir, Fitri Lusiana (2023) Keterampilan Interpersonal Mahasiswa Prodi bahasa indonesia dan Pemanfatannya sebagai Bahan Bacaan Matakuliah Pragmatik di Universitas Asahan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196192001 COVER.pdf
Download (57kB)
2. NIM 8196192001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 8196192001 ABSTRACT.pdf
Download (99kB)
4. NIM 8196192001 PREFACE.pdf
Download (171kB)
5. NIM 8196192001 CONTENTS.pdf
Download (89kB)
6. NIM 8196192001 TABLES.pdf
Download (33kB)
7. NIM 8196192001 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
11. NIM 8196192001 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
12. NIM 8196192001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (153kB)
Abstract
Keterampilan interpersonal merupakan kajian yang melibatkan keterampilan
berbicara, keterampilan mendengarkan serta kemapuan non verbal seseorang
dalam berkomunikasi. Oleh karena itu dalam membicarakan keterampilan
interpersonal, teori keterampilan berbicara, teori komunikasi dan teori pragmatik
saling mendukung dalam memecahkan permasalahan keterampilan interpersonal.
Adapun tujuan penelitian ini yiatu 1) mengkaji perangkat pragmatik yang
digunakan mahasiswa saat bertanya, menjawab, dan berargumentasi serta
mengingatkan, dalam kegiatan belajar mengajar, 2) mendeksripsikan keterampilan
interpersonal mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan mahasiswa saat
kegiatan belajar mengajar 3) membuat modul pragmatik dengan materi
keterampilan interpersonal mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Semester V tahun ajaran 2022/2023 di Universitan Asahan. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan
kuantitatif dengan jumlah responden 22 orang dan dosen 1 orang. Teori yang
digunakan yaitu teori komunikasi, yang dikemukakan oleh Suranto, dan teori
Pragmatik yang dikemukakan oleh Amrin Saragih, Abdul Chaer, Rahardi dan
Zamzani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interpersonal
berbicara mahasiswa sudah cukup baik dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan
mengingatkan dosen. Keterampilan interpersonal kurang baik saat berbicara pada
sesama mahasiswa. Penggunaan prangkat pragmatik sudah baik seperti konteks
linguistik, situasi dan kesantunan berbahasa juga sudah mampu. Kekurangan
mahasiswa dalam keterampilan interpersonal yaitu disebabkan kurang menguasai
bahan, penggunaan bahasa yang tidak efektif, penguasaan ruangan, sehingga
mahasiswa kurang dapat mempengaruhi pendengar atas jawabannya saat diskusi
nada suara serta masih menggunakan kosakata yang tidak baku. Hasil validasi
modul menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar pragmatik sangat
diperlukan bahan bacaan atau modul sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa
dan dosen agar bermanfaat dalam pengayaan materi pembelajaran pragmatik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.12 Sam k |
Keywords: | keterampilan interpersonal, pragmatik, dan bahan bacaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:03 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56444 |