Keterampilan Interpersonal Mahasiswa Prodi bahasa indonesia dan Pemanfatannya sebagai Bahan Bacaan Matakuliah Pragmatik di Universitas Asahan

Samosir, Fitri Lusiana (2023) Keterampilan Interpersonal Mahasiswa Prodi bahasa indonesia dan Pemanfatannya sebagai Bahan Bacaan Matakuliah Pragmatik di Universitas Asahan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8196192001 COVER.pdf] Text
1. NIM 8196192001 COVER.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 2. NIM 8196192001 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 8196192001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 8196192001 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 8196192001 ABSTRACT.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4. NIM 8196192001 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 8196192001 PREFACE.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 5. NIM 8196192001 CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 8196192001 CONTENTS.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 6. NIM 8196192001 TABLES.pdf] Text
6. NIM 8196192001 TABLES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7. NIM 8196192001 CHAPTER I.pdf] Text
7. NIM 8196192001 CHAPTER I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 8196192001 CHAPTER V.pdf] Text
11. NIM 8196192001 CHAPTER V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 12. NIM 8196192001 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
12. NIM 8196192001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (153kB)

Abstract

Keterampilan interpersonal merupakan kajian yang melibatkan keterampilan
berbicara, keterampilan mendengarkan serta kemapuan non verbal seseorang
dalam berkomunikasi. Oleh karena itu dalam membicarakan keterampilan
interpersonal, teori keterampilan berbicara, teori komunikasi dan teori pragmatik
saling mendukung dalam memecahkan permasalahan keterampilan interpersonal.
Adapun tujuan penelitian ini yiatu 1) mengkaji perangkat pragmatik yang
digunakan mahasiswa saat bertanya, menjawab, dan berargumentasi serta
mengingatkan, dalam kegiatan belajar mengajar, 2) mendeksripsikan keterampilan
interpersonal mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan mahasiswa saat
kegiatan belajar mengajar 3) membuat modul pragmatik dengan materi
keterampilan interpersonal mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Semester V tahun ajaran 2022/2023 di Universitan Asahan. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan
kuantitatif dengan jumlah responden 22 orang dan dosen 1 orang. Teori yang
digunakan yaitu teori komunikasi, yang dikemukakan oleh Suranto, dan teori
Pragmatik yang dikemukakan oleh Amrin Saragih, Abdul Chaer, Rahardi dan
Zamzani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interpersonal
berbicara mahasiswa sudah cukup baik dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan
mengingatkan dosen. Keterampilan interpersonal kurang baik saat berbicara pada
sesama mahasiswa. Penggunaan prangkat pragmatik sudah baik seperti konteks
linguistik, situasi dan kesantunan berbahasa juga sudah mampu. Kekurangan
mahasiswa dalam keterampilan interpersonal yaitu disebabkan kurang menguasai
bahan, penggunaan bahasa yang tidak efektif, penguasaan ruangan, sehingga
mahasiswa kurang dapat mempengaruhi pendengar atas jawabannya saat diskusi
nada suara serta masih menggunakan kosakata yang tidak baku. Hasil validasi
modul menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar pragmatik sangat
diperlukan bahan bacaan atau modul sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa
dan dosen agar bermanfaat dalam pengayaan materi pembelajaran pragmatik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 370.12 Sam k
Keywords: keterampilan interpersonal, pragmatik, dan bahan bacaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2024 06:03
Last Modified: 07 May 2024 06:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56444

Actions (login required)

View Item
View Item