Harahap, Miftahul Irfanda (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN AKTIVITAS JASMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 10-11 TAHUN DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 6193111028 COVER.pdf
Download (392kB)
2. 6193111028 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. 6193111028 ABSTRACT.pdf
Download (725kB)
4. 6193111028 PREFACE.pdf
Download (1MB)
5. 6193111028 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
6. 6193111028 TABLES.pdf
Download (382kB)
7. 6193111028 ILLUSTRATION.pdf
Download (382kB)
8. 6193111028 APPENDICES.pdf
Download (382kB)
9. 6193111028 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
13. 6193111028 CHAPTER V.pdf
Download (384kB)
14. 6193111028 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
Abstract
dalam meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia 10-11 tahun di tingkat sekolah dasar. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Subsidi Swakarya Jalan Pertahanan Desa Laut Dendang. Sasaran atau objek pada uji coba kelompok kecil berjumlah 30 orang siswa kelas VA SD Subsidi Swakarya dan uji coba kelompok besar berjumlah 60 orang siswa kelas VB & VC SD Subsidi Swakarya dengan rentang usia 10-11 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan prosedur pengembangan Sugiyono. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner yang diberikan kepada ahli dan siswa, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif persentase. Pengembangan permainan aktivitas jasmani dalam meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia 10-11 tahun di tingkat sekolah dasar yang telah dibuat terlebih dahulu di validasi oleh 3 orang ahli, dimana ahli tersebut terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli permainan, dan 1 ahli bahasa. Persentase validasi desain produk oleh ahli adalah sebesar 80%, berdasarkan keterangan dalam tabel penilaian validasi ahli maka nilai rata-rata berada pada rentang 80%-100% keterangan valid makna digunakan. Persentase uji coba kelompok kecil oleh sasaran atau objek adalah sebesar 73%, berdasarkan keterangan dalam tabel kriteria penilaian keterlaksanaan kegiatan uji coba maka nilai rata-rata berada pada rentang 65%-82% klasifikasi baik makna digunakan. Persentase validasi desain produk oleh ahli pada uji coba kelompok kecil adalah sebesar 90% berdasarkan keterangan dalam tabel penilaian validasi ahli maka nilai rata-rata berada pada rentang 80%-100% keterangan valid makna digunakan. Persentase uji coba kelompok besar oleh sasaran atau objek adalah sebesar 90%, berdasarkan keterangan dalam tabel kriteria penilaian keterlaksanaan kegiatan uji coba maka nilai rata-rata berada pada rentang 83%-100% klasifikasi sangat baik makna digunakan. Setelah melalui tahap validasi berulang dan membandingkan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan aktivitas jasmani dalam meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia 10-11 tahun di tingkat sekolah dasar yang dilakukan dikatakan sangat baik dan valid makna digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Permainan, Kemampuan fisikMotorik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1203 Children's games and amusements L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:19 |
Last Modified: | 07 May 2024 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56427 |