Putri, Nova Yulisa (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO EXPLAINER PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4181111018_Cover.pdf
Download (80kB)
4181111018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4181111018_Abstrak.pdf
Download (64kB)
4181111018_Kata_Pengantar.pdf
Download (242kB)
4181111018_Daftar_Isi.pdf
Download (123kB)
4181111018_Daftar_Gambar.pdf
Download (185kB)
4181111018_Daftar_Tabel.pdf
Download (216kB)
4181111018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (79kB)
4181111018_BAB_I.pdf
Download (446kB)
4181111018_BAB_V.pdf
Download (61kB)
4181111018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (243kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video explainer pada pokok bahasan barisan dan deret untuk meningkatkan minat belajar siswa. Kualitas media pembelajaran ini mengacu pada aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Model Medan berjumlah 35 orang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan persentase 86,46% dan ahli materi dengan persentase sebesar 98,87%. Kepraktisan media pembelajaran video explainer ini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil angket respon siswa sebesar dan guru mata pelajaran sebesar 93,67%. Keefektifan media pembelajaran video explainer ini dinyatakan sangat efektif, dengan hasil ketuntasan belajar klasikal dan untuk hasil respon siswa diperoleh respon sangat positif dengan persentase sebesar 94,45%. Peningkatan minat belajar siswa diperoleh dari hasil pretest & posttest. Berdasarkan penilaian hasil dari pretest & posttest siswa, menunjukkan bahwa tingkat minat belajar siswa termasuk pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 85,43%. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata siswa berdasarkan pemahaman konsep soal pretest & posttest sebesar 0,74, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat belajar siswa terhadap media pembelajaran berbasis video explainer pada kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa yang dikembangkan pada penelitin ini adalah valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pemebelajaran; Video explainer; Minat belajara siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:48 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56419 |