PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO EXPLAINER PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Putri, Nova Yulisa (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO EXPLAINER PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4181111018_Cover.pdf] Text
4181111018_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4181111018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181111018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111018_Abstrak.pdf] Text
4181111018_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4181111018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181111018_Kata_Pengantar.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4181111018_Daftar_Isi.pdf] Text
4181111018_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4181111018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4181111018_Daftar_Gambar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4181111018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4181111018_Daftar_Tabel.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4181111018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4181111018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4181111018_BAB_I.pdf] Text
4181111018_BAB_I.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4181111018_BAB_V.pdf] Text
4181111018_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4181111018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181111018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video explainer pada pokok bahasan barisan dan deret untuk meningkatkan minat belajar siswa. Kualitas media pembelajaran ini mengacu pada aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Model Medan berjumlah 35 orang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan persentase 86,46% dan ahli materi dengan persentase sebesar 98,87%. Kepraktisan media pembelajaran video explainer ini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil angket respon siswa sebesar dan guru mata pelajaran sebesar 93,67%. Keefektifan media pembelajaran video explainer ini dinyatakan sangat efektif, dengan hasil ketuntasan belajar klasikal dan untuk hasil respon siswa diperoleh respon sangat positif dengan persentase sebesar 94,45%. Peningkatan minat belajar siswa diperoleh dari hasil pretest & posttest. Berdasarkan penilaian hasil dari pretest & posttest siswa, menunjukkan bahwa tingkat minat belajar siswa termasuk pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 85,43%. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata siswa berdasarkan pemahaman konsep soal pretest & posttest sebesar 0,74, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat belajar siswa terhadap media pembelajaran berbasis video explainer pada kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa yang dikembangkan pada penelitin ini adalah valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pemebelajaran; Video explainer; Minat belajara siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 May 2024 03:48
Last Modified: 07 May 2024 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56419

Actions (login required)

View Item
View Item