Silalahi, Joel Petrus (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111058_Cover.pdf
Download (62kB)
4193111058_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (497kB)
4193111058_Abstrak.pdf
Download (203kB)
4193111058_Kata_Pengantar.pdf
Download (164kB)
4193111058_Daftar_Isi.pdf
Download (140kB)
4193111058_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
4193111058_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
4193111058_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
4193111058_BAB_I.pdf
Download (502kB)
4193111058_BAB_V.pdf
Download (101kB)
4193111058_Daftar_Pustaka.pdf
Download (130kB)
Abstract
Tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep, keterkaitan antarkonsep, dan mengaplikasikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi lengkung pada siswa dengan penerapan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) berbantuan video animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Peningkatan pemahaman konsep bangun ruang sisi lengkung dalam penelitian ini diukur dengan instrument tes dan non tes, yaitu tes pemahaman konsep dan observasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal, hanya 8 orang siswa atau 27,58% yang memenuhi KKM. Rata-rata nilai tes siswa tergolong kategori sangat rendah, yaitu 52,62. Pada Siklus I, rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat sebesar 17,13 menjadi 69,75. Jumlah siswa yang memenuhi KKM juga meningkat 24,14% menjadi 51,72%, yaitu berjumlah 15 orang. Pada hasil tes kemampuan pemahaman konsep siklus II, diperoleh jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat sebesar 37,93% menjadi 89,65%, yaitu berjumlah 26 orang siswa. Rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi lengkung siswa juga meningkat sebesar 12,9 menjadi 82,72. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus II, disimpulkan bahwa indikator keberhasilan sudah tercapai dan siklus dapat dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian dan beberapa penelitian yang relevan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) berbantuan video animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi lengkung pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman konsep, bangun ruang sisi lengkung, model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR), video animasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:11 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56407 |