Syafitri, Millani (2022) Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hilir. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5172151004 COVER.pdf
Download (187kB)
2. NIM.5172151004 APPROVAL SHEET.pdf
Download (798kB)
3. NIM.5172151004 PREFACE.pdf
Download (654kB)
4. NIM.5172151004 ABSTRACT.pdf
Download (440kB)
5. NIM.5172151004 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (414kB)
6. NIM.5172151004 ILLUSTRATION.pdf
Download (275kB)
7. NIM.5172151004 TABLES.pdf
Download (182kB)
8. NIM.5172151004 APPENDICES.pdf
Download (273kB)
9. NIM.5172151004 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
13. NIM.5172151004 CHAPTER V.pdf
Download (557kB)
14. NIM.5172151004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam rangka memajukan proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi guru dituntut mampu untuk menguasai, mengoperasikan serta mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran tata surya biasanya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik masih tergolong dalam katagori manual. Materi disampaikan menggunakan media seperti papan tulis serta gambar-gambar yang ada didalam buku. Selain itu materi tata surya susah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa tergolong rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal diatas yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran dengan menerapkan teknologi augmented reality.
Media pembelajaran augmented reality tata surya ini dirancang dengan menggunakan metode marker-based tracking berbasis android yang ditujukan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hilir. Berdasarkan uji kelayakan, media pembelajaran AR tata surya ini berada dikategori sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran karena memperoleh skor dari ahli materi sebesar 4,65. Skor yang di peroleh dari ahli media sebesar 4,55 dan skor yang diperoleh dari pengguna sebesar 4,83. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media pembelajaran AR tata surya berbasis android untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hilir memperoleh nilai sebesar 81,415 dimana jika diptranformasikan kedalam tabel hakke maka dapat dikatakan efektif sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Augmented reality; Media pembelajaran; Tata surya |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:44 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56406 |