Farahdiba, Nona (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 TAMIANG HULU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311012_Cover.pdf
Download (49kB)
4193311012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (418kB)
4193311012_Abstrak.pdf
Download (276kB)
4193311012_Kata_Pengantar.pdf
Download (317kB)
4193311012_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
4193311012_Daftar_Tabel.pdf
Download (163kB)
4193311012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (163kB)
4193311012_BAB_I.pdf
Download (569kB)
4193311012_BAB_V.pdf
Download (164kB)
4193311012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (360kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Media Audio Visual berdasarkan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dengan kategori valid, praktis, dan efektif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA Negeri 1 Tamiang Hulu. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi angket dan instrumen, lembar validasi RPP, lembar validasi Media Audio Visual, tes kemampuan penalaran matematis, serta angket respon siswa dan guru terhadap Media Audio Visual. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan Media Audio Visual berdasarkan Model Pembelajaran SAVI dinyatakan valid oleh validator, selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kevalidan media audio visual yang dinyatakan valid oleh validator: i) hasil validasi ahli media dengan rata-rata 86,74 %; (ii) hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 88,25 %. (2) Angket respon siswa pada saat melakukan pembelajaran dengan media audio visual memperoleh persentasi sebesar 83,18% dan hasil respon guru matematika terhadap media memperoleh nilai sebesar 93,18 % sehingga media dinyatakan dalam kategori “sangat praktis”. (3) Tingkat keefektifan media audio visual berdasarkan hasil analisis data keefektifan bahwa rata-rata posttest 83,06 termasuk ke dalam kriteria kemampuan penalaran matematis “tinggi”. Hasil perhitungan peningkatan nilai pretest ke postest memperoleh N-gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kategori “sangat efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media audio visual; Kemampuan penalaran matematis; Model pemebelajarn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:50 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56404 |