PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 TAMIANG HULU

Farahdiba, Nona (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 TAMIANG HULU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193311012_Cover.pdf] Text
4193311012_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4193311012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 4193311012_Abstrak.pdf] Text
4193311012_Abstrak.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4193311012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311012_Kata_Pengantar.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4193311012_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311012_Daftar_Isi.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4193311012_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311012_Daftar_Tabel.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4193311012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4193311012_BAB_I.pdf] Text
4193311012_BAB_I.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 4193311012_BAB_V.pdf] Text
4193311012_BAB_V.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4193311012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Media Audio Visual berdasarkan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dengan kategori valid, praktis, dan efektif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA Negeri 1 Tamiang Hulu. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi angket dan instrumen, lembar validasi RPP, lembar validasi Media Audio Visual, tes kemampuan penalaran matematis, serta angket respon siswa dan guru terhadap Media Audio Visual. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan Media Audio Visual berdasarkan Model Pembelajaran SAVI dinyatakan valid oleh validator, selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kevalidan media audio visual yang dinyatakan valid oleh validator: i) hasil validasi ahli media dengan rata-rata 86,74 %; (ii) hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 88,25 %. (2) Angket respon siswa pada saat melakukan pembelajaran dengan media audio visual memperoleh persentasi sebesar 83,18% dan hasil respon guru matematika terhadap media memperoleh nilai sebesar 93,18 % sehingga media dinyatakan dalam kategori “sangat praktis”. (3) Tingkat keefektifan media audio visual berdasarkan hasil analisis data keefektifan bahwa rata-rata posttest 83,06 termasuk ke dalam kriteria kemampuan penalaran matematis “tinggi”. Hasil perhitungan peningkatan nilai pretest ke postest memperoleh N-gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kategori “sangat efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media audio visual; Kemampuan penalaran matematis; Model pemebelajarn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 May 2024 02:50
Last Modified: 07 May 2024 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56404

Actions (login required)

View Item
View Item