Sibuea, Lydia Nerti N. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC) Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5171151011 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM. 5171151011 APPROVALSEHEET.pdf
Download (464kB)
3. NIM. 5171151011 ABSTRACT.pdf
Download (288kB)
4. NIM. 5171151011 PREFACE.pdf
Download (210kB)
5. NIM. 5171151011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (447kB)
6. NIM. 5171151011 ILUSTRATION.pdf
Download (241kB)
7. NIM. 5171151011 TABLES.pdf
Download (239kB)
8. NIM. 5171151011 APPENDICES.pdf
Download (240kB)
9. NIM. 5171151011 CHAPTER I.pdf
Download (387kB)
13. NIM. 5171151011 CHAPTER V.pdf
Download (182kB)
14. NIM. 5171151011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (318kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan
keefektivitasan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan
Smart Apps Creator (SAC) Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research
and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket yang
diberikan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna yang bertujuan untuk
mengetahui kualitas media pembelajaran yang sudah dibuat serta menguji
keefektivitasannya dalam proses pembelajaran. Hasil validitas pengembangan
media ini masuk kedalam kategori SANGAT LAYAK dilihat dari hasil uji
validasi materi yang dilakukan oleh 2 orang validator mendapat rata-rata skor
sebesar 4,52 dengan ketegori “Sangat Layak” dan untuk validasi media yang
dilakukan oleh 2 orang validator mendapat rata-rata skor sebesar 4,62 dengan
kategoru “Sangat Layak”. Dan untuk uji akseptabilitas pengguna memperoleh
skor sebesar 4,62 dengan kategori “Sangat Layak”. (2). Hasil uji efektivitas
pengggunaan media pembelajaran berbasis android menggunakan Smart Apps
Creator (SAC) lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media
pembelajaran berbasis android, dimana hasil perbandingan nilai rata-rata kelas
kontrol sebesar 74,75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 88. Dan
diperoleh nilai ttabel = 1,688, dengan derajat kepercayaan sebesar 0,05. Karena
thitung (5,515) > ttabel (1,688) , maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dimana dapat
disimpulkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dari nilai
rata-rata kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Smart Apps Creator; Android; ADDIE; Pemrograman Dasar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:41 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56397 |