Naibaho, Hengky Alex Sander (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X TPM SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163121015 COVER.pdf
Download (565kB)
2. NIM 5163121015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (995kB)
3. NIM 5163121015 PREFACE.pdf
Download (323kB)
4. NIM 5163121015 ABSTRACT.pdf
Download (412kB)
4. NIM 5163121015 ABSTRACT.pdf
Download (412kB)
6. NIM 5163121015 LIST OF TABLE.pdf
Download (240kB)
7. NIM 5163121015 LIST OF PICTURE.pdf
Download (258kB)
8. NIM 5163121015 LIST OF ENCLOSURE.pdf
Download (237kB)
9. NIM 5163121015 CHAPTER I.pdf
Download (449kB)
13. NIM 5163121015 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14. NIM 5163121015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (285kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran gambar teknik mesin kelas X TPM SMK Negeri 5 Medan dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development(pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Pengujian produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Kelayakan produk diukur melalui validasi ahli materi dan ahli media.Penilaian produk media pembelajaran Augmented Reality juga dilakukan oleh pengguna (siswa). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa telah menghasilkan produk media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin pada kompetensi dasar menganalisis rancangan dan menampilkan gambar proyeksi orthogonal kuadran I dan kuadran III. Hasil pengujian kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,65 dengan kriteria “baik” termasuk dalam interpretasi “sangat layak”. Sedangkan berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 4,46 dengan kriteria “baik” termasuk dalam iterpretasi “sangat layak”. Penilaian siswa menggunakan angket user/pengguna melaui uji coba one to one 4,41 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”, uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,36 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”, dan uji coba skala besar mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,41 dengan interpretasi “akspentasi tinggi” dalam arti tingkat penerimaan oleh siswa tergolong tinggi. Dengan demikian media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Augmented Reality; Kelayakan Media; Gambar Teknik Mesin |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:36 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56386 |