Tampubolon, Nasib Bunga (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 2 Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141121020 COVER.pdf
Download (319kB)
2. NIM. 5141121020 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5141121020 ABSTRACT.pdf
Download (585kB)
4. NIM. 5141121020 PREFACE.pdf
Download (640kB)
5. NIM. 5141121020 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (856kB)
6. NIM. 5141121020 LIST OF TABLES.pdf
Download (308kB)
7. NIM. 5141121020 ILLUSTRATION.pdf
Download (305kB)
8. NIM. 5141121020 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (326kB)
9. NIM. 5141121020 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. NIM. 5141121020 CHAPTER V.pdf
Download (862kB)
14. NIM. 5141121020 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (929kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 2 Medan T.A. 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI TP1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbingdan kelas XI TP2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model yag diajarka sekolah. Istrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 23 soal. Dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai rata-rata 82,57 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,28.Hasil uji t-test materi Logamdiperoleh thitung = 5,46 dan ttabel = 1.67 atau thitung> ttabel. Dengan demikian Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hasil perhitungan diketahui rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran materi Logam dengan menggunakan model inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar daripada proses pembelajaran menggunakan model konvensional dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; T-Test Inkuiri Materi Logam |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:28 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56384 |