Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 2 Medan T.A. 2020/2021

Tampubolon, Nasib Bunga (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 2 Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5141121020 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5141121020 COVER.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5141121020 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5141121020 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 5141121020 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5141121020 ABSTRACT.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5141121020 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5141121020 PREFACE.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5141121020 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM. 5141121020 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5141121020 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5141121020 LIST OF TABLES.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5141121020 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5141121020 ILLUSTRATION.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5141121020 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5141121020 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5141121020 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5141121020 CHAPTER I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5141121020 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5141121020 CHAPTER V.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5141121020 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5141121020 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (929kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 2 Medan T.A. 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI TP1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbingdan kelas XI TP2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model yag diajarka sekolah. Istrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 23 soal. Dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai rata-rata 82,57 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,28.Hasil uji t-test materi Logamdiperoleh thitung = 5,46 dan ttabel = 1.67 atau thitung> ttabel. Dengan demikian Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hasil perhitungan diketahui rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran materi Logam dengan menggunakan model inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar daripada proses pembelajaran menggunakan model konvensional dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; T-Test Inkuiri Materi Logam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 May 2024 08:28
Last Modified: 06 May 2024 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56384

Actions (login required)

View Item
View Item