Penggunaan Media Tangram Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di RA As-Sa’adah Kelurahan Sukaramai I Kecamatan Medan Area.

-, Arrumaisha (2023) Penggunaan Media Tangram Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di RA As-Sa’adah Kelurahan Sukaramai I Kecamatan Medan Area. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 1182113018 COVER.pdf] Text
1. NIM 1182113018 COVER.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2. NIM 1182113018 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 1182113018 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 1182113018 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 1182113018 ABSTRACT.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4. NIM 1182113018 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 1182113018 PREFACE.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 5. NIM 1182113018 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 1182113018 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 6. NIM 1182113018 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM 1182113018 LIST OF TABLES.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 7. NIM 1182113018 LIST OF PICTURES.pdf] Text
7. NIM 1182113018 LIST OF PICTURES.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8. NIM 1182113018 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 1182113018 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 9. NIM 1182113018 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 1182113018 CHAPTER I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 13. NIM 1182113018 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 1182113018 CHAPTER V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 14. NIM 1182113018 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 1182113018 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik tangram yang digunakan, penataan (setting) kelas dan aktivitas yang dilakukan guru dan anak dalam proses pembelajaran menggunakan media tangram di RA As-Sa’adah
Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan dua orang Guru Kelas dan enam belas anak kelas Raudhah 2 RA As-Sa’adah Medan. Data dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman yaitu pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
arakteristik media tangram yang digunakan RA As-Sa’adah dalam pembelajaran adalah tangram bebas dari bahan kayu. Selain itu, terdapat beberapa guru yang membuat sendiri tangram dari origami. Untuk penataan (setting) kelas yang digunakan adalah pendekatan Kelompok yang
memberikan anak peluang untuk berkreasi. Adapun aktivitas yang dilakukan oleh guru yaitu mempersiapkan media tangram, menginformasikan tema, menjelaskan bentuk geometri, memberikan petunjuk atau contoh serta pertanyaan,
memperhatikan, memberi kebebasan, mengapresiasi dan mendokumentasi hasil karya anak. Sedangkan aktivitas yang dilakukan anak terdapat dalam 3 aspek kreativitas pada anak usia dini. Dari 16 anak, 7 anak sudah bisa melakukan 9
indikator, 1 anak belum bisa melakukan 7 indikator, 2 anak belum bisa melakukan 6 indikator, 1 anak belum bisa melakukan 5 indikator, 1 anak belum bisa melakukan 2 indikator dan 4 anak belum bisa melakukan 1 indikator

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Karakteristik Tangram; Penataan (Setting) Kelas; Aktivitas Guru dan Anak; Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 06 May 2024 08:44
Last Modified: 06 May 2024 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56380

Actions (login required)

View Item
View Item