-, Arrumaisha (2023) Penggunaan Media Tangram Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di RA As-Sa’adah Kelurahan Sukaramai I Kecamatan Medan Area. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1182113018 COVER.pdf
Download (154kB)
2. NIM 1182113018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 1182113018 ABSTRACT.pdf
Download (202kB)
4. NIM 1182113018 PREFACE.pdf
Download (326kB)
5. NIM 1182113018 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (92kB)
6. NIM 1182113018 LIST OF TABLES.pdf
Download (120kB)
7. NIM 1182113018 LIST OF PICTURES.pdf
Download (55kB)
8. NIM 1182113018 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (99kB)
9. NIM 1182113018 CHAPTER I.pdf
Download (244kB)
13. NIM 1182113018 CHAPTER V.pdf
Download (152kB)
14. NIM 1182113018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (241kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik tangram yang digunakan, penataan (setting) kelas dan aktivitas yang dilakukan guru dan anak dalam proses pembelajaran menggunakan media tangram di RA As-Sa’adah
Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan dua orang Guru Kelas dan enam belas anak kelas Raudhah 2 RA As-Sa’adah Medan. Data dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman yaitu pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
arakteristik media tangram yang digunakan RA As-Sa’adah dalam pembelajaran adalah tangram bebas dari bahan kayu. Selain itu, terdapat beberapa guru yang membuat sendiri tangram dari origami. Untuk penataan (setting) kelas yang digunakan adalah pendekatan Kelompok yang
memberikan anak peluang untuk berkreasi. Adapun aktivitas yang dilakukan oleh guru yaitu mempersiapkan media tangram, menginformasikan tema, menjelaskan bentuk geometri, memberikan petunjuk atau contoh serta pertanyaan,
memperhatikan, memberi kebebasan, mengapresiasi dan mendokumentasi hasil karya anak. Sedangkan aktivitas yang dilakukan anak terdapat dalam 3 aspek kreativitas pada anak usia dini. Dari 16 anak, 7 anak sudah bisa melakukan 9
indikator, 1 anak belum bisa melakukan 7 indikator, 2 anak belum bisa melakukan 6 indikator, 1 anak belum bisa melakukan 5 indikator, 1 anak belum bisa melakukan 2 indikator dan 4 anak belum bisa melakukan 1 indikator
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Karakteristik Tangram; Penataan (Setting) Kelas; Aktivitas Guru dan Anak; Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:44 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56380 |