PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SPERMATOPHYTA KELAS X MIA SMA NEGERI 5 BINJAI T.P 2022/2023

Nurhadi, Natasya Ningtyas (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SPERMATOPHYTA KELAS X MIA SMA NEGERI 5 BINJAI T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192141001_Cover.pdf] Text
4192141001_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 4192141001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192141001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of 4192141001_Abstrak.pdf] Text
4192141001_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4192141001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192141001_Kata_Pengantar.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 4192141001_Daftar_Isi.pdf] Text
4192141001_Daftar_Isi.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4192141001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192141001_Daftar_Gambar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4192141001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192141001_Daftar_Tabel.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 4192141001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192141001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4192141001_BAB_I.pdf] Text
4192141001_BAB_I.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 4192141001_BAB_V.pdf] Text
4192141001_BAB_V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4192141001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192141001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (253kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran discovery learning berdampak pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di Sub Materi Spermatophyta Kelas X MIA di SMA Negeri 5 Binjai.
Penelitian ini menggunakan eksperimen semu, dengan desain penelitian Pretest- Posttest Control Design. Sampelnya terdiri dari 72 siswa, masing-masing dari kelas eksperimen dan kontrol. Kelas X MIA 1 memiliki 36 siswa sebagai kelas eksperimen, dan Kelas X MIA 3 memiliki 36 siswa sebagai kelas kontrol. Tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa diberikan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memperoleh hasil belajar dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil belajar dengan kategori rendah. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki kategori aktif sedangkan kelas kontrol memiliki kategori cukup aktif. Pengujian hipotesis ini menggunakan Uji Independent Sampel T-tes menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar
pada sub materi spermatophyta kelas X SMA Negeri 5 Binjai TP 2022/2023 dipengaruhi oleh model pembelajaran discovery learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Aktivita sbelajar; Desain penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 06:43
Last Modified: 06 May 2024 06:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56368

Actions (login required)

View Item
View Item