Hutasoit, Lesti Abdina (2022) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Nasrani 3 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3161131021 COVER.pdf
Download (138kB)
2. NIM. 3161131021 APPROVAL SHEET.pdf
Download (370kB)
3. NIM. 3161131021 PREFACE.pdf
Download (195kB)
4. NIM. 3161131021 ABSTRACT.pdf
Download (118kB)
5. NIM. 3161131021 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (145kB)
6. NIM. 3161131021 LIST OF TABLES.pdf
Download (144kB)
7. NIM. 3161131021 LIST OF FIGURES.pdf
Download (144kB)
8. NIM. 3161131021 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (116kB)
9. NIM. 3161131021 CHAPTER I.pdf
Download (237kB)
14. NIM. 3161131021 CHAPTER VI.pdf
Download (116kB)
15. NIM. 3161131021 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (260kB)
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Nasrani 3 Medan Semester Ganjil TA.2021/2022. Populasi penelitian adalah adalah proses pembelajaran IPS Terpadu pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Nasrani 3 Medan Semester Ganjil TA.2021/2022 yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket dan studi dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu pada Masa Pandemi Covid-19 Semester Ganjil TA.2021/2022 sudah sesuai dengan Prinsip Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 dimana terdapat 74% peserta didik kelas VII yang sudah siap mengikuti proses pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, kelas VIII 74% dan kelas IX 76%. Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu pada Masa Pandemi Covid-19 Semester Ganjil TA.2021/2022 dilakukan dengan sistem shifting (bergiliran) sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) menggunakan WhatsApp Group sedangkan pembelajaran Luring (Luar Jaringan) dilakukan disekolah dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Nasrani 3 Medan adalah (1) sarana dan prasarana yang belum memadai, (2) ketidakpastian fasilitas belajar siswa dirumah seperti penggunaan Handphone Android (3) rendahnya kehadiran siswa mengakibatkan pemahaman peserta didik yang kurang terhadap materi pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di SMP Nasrani 3 Medan Semester Ganjil TA.2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teknik Pembelajaran; IPS; Pandemi Covid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:26 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56365 |