Pengaruh Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Medan

Sidabutar, Yuni Katrina (2023) Pengaruh Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192411006 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192411006 COVER.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192411006 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192411006 APPROVAL SHEET.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192411006 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192411006 ABSTRACT.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192411006 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192411006 PREFACE.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192411006 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192411006 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192411006 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2192411006 LIST OF TABLE.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192411006 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2192411006 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192411006 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2192411006 CHAPTER I.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of 12. NIM.2192411006 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2192411006 CHAPTER V.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192411006 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2192411006 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik clustering terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP N 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 345 orang. Sampel yang
diambil adalah kelas VIII-1 (kelas eksperimen) berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-3 (kelas kontrol) berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe Two Group Post-Test Only Control Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada kelas kontrol menggunakan teknik konvensional berada pada kategori kurang dengan rata-rata 52,7 dan belum memenuhi KKM, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar
80,16 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Berdasaran hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji
normalitas eksperimen Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data post-test kelas kontrol adalah (0,0335 < 0,161), hasil uji normalitas data post-test kelas eksperimen adalah (-0,1358 < 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks eksplanasi adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,88 < 4,2 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 8,8 > 2,04 , sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik clustering berpengaruh pada kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP N 4 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: teks eksplanasi, teknik clustering, teknik konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 06 May 2024 04:26
Last Modified: 06 May 2024 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56342

Actions (login required)

View Item
View Item