Sidabutar, Yuni Katrina (2023) Pengaruh Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411006 COVER.pdf
Download (254kB)
2. NIM.2192411006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (356kB)
3. NIM.2192411006 ABSTRACT.pdf
Download (229kB)
4. NIM.2192411006 PREFACE.pdf
Download (310kB)
5. NIM.2192411006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (284kB)
6. NIM.2192411006 LIST OF TABLE.pdf
Download (228kB)
7. NIM.2192411006 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (227kB)
8. NIM.2192411006 CHAPTER I.pdf
Download (810kB)
12. NIM.2192411006 CHAPTER V.pdf
Download (566kB)
13. NIM.2192411006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (399kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik clustering terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP N 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 345 orang. Sampel yang
diambil adalah kelas VIII-1 (kelas eksperimen) berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-3 (kelas kontrol) berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe Two Group Post-Test Only Control Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada kelas kontrol menggunakan teknik konvensional berada pada kategori kurang dengan rata-rata 52,7 dan belum memenuhi KKM, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar
80,16 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Berdasaran hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji
normalitas eksperimen Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data post-test kelas kontrol adalah (0,0335 < 0,161), hasil uji normalitas data post-test kelas eksperimen adalah (-0,1358 < 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks eksplanasi adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,88 < 4,2 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 8,8 > 2,04 , sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik clustering berpengaruh pada kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP N 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | teks eksplanasi, teknik clustering, teknik konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:26 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56342 |