Analisis Kesesuaian Materi Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud Dengan KI Dan KD Pada Kurikum 2013

Manalu, Yohana (2023) Analisis Kesesuaian Materi Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud Dengan KI Dan KD Pada Kurikum 2013. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192111006 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192111006 COVER.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192111006 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192111006 APPROVAL SHEET.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192111006 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192111006 ABSTRACT.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192111006 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192111006 PREFACE.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192111006 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192111006 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192111006 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2192111006 LIST OF TABLE.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192111006 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2192111006 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192111006 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2192111006 CHAPTER I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 12. NIM.2192111006 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2192111006 CHAPTER V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192111006 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2192111006 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (130kB)

Abstract

Keberadaan buku ajar atau buku teks tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Pada saat kurikulum lama diganti, materi/ isi buku teks harus disesuaikan dengan kurikulum baru. Buku teks merupakan buku panduan yang digunakan peserta didik maupun guru dalam kegiatan pembelajaran. Pada kenyataannya buku-buku pelajaran yang beredar masih kurang sesuai dengan standar isi yang terdapat di dalam kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesesuaian materi yang terdapat dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud dengan KI dan KD pada
Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan metode penelitian kualitatif. Data dan sumber data penelitian ini adalah Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas VII Edisi Revisi 2017. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ceklis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik baca, teknik catat. Pada penelitian ini teknik analisis datanya menggunakan analisis konten, artinya peneliti melakukan analisis terhadap materi atau isi yang ada dalam data primer (buku ajar). Berdasarkan hasil analisis kesesuaian materi dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 dengan KI dan KD pada Kurikulum jika dipresentasekan hasilnya, yaitu 50 % ketidaksesuaiannya terletak pada urutan materi buku teks terhadap KI dan KD. Artinya bahwa urutan materi pada semester dua tidak sesuai dengan urutan pada kurikulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesesuaian Materi, Buku Teks, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 06 May 2024 04:20
Last Modified: 06 May 2024 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56337

Actions (login required)

View Item
View Item