Manalu, Yohana (2023) Analisis Kesesuaian Materi Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud Dengan KI Dan KD Pada Kurikum 2013. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192111006 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM.2192111006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (541kB)
3. NIM.2192111006 ABSTRACT.pdf
Download (121kB)
4. NIM.2192111006 PREFACE.pdf
Download (164kB)
5. NIM.2192111006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (125kB)
6. NIM.2192111006 LIST OF TABLE.pdf
Download (71kB)
7. NIM.2192111006 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (70kB)
8. NIM.2192111006 CHAPTER I.pdf
Download (355kB)
12. NIM.2192111006 CHAPTER V.pdf
Download (99kB)
13. NIM.2192111006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (130kB)
Abstract
Keberadaan buku ajar atau buku teks tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Pada saat kurikulum lama diganti, materi/ isi buku teks harus disesuaikan dengan kurikulum baru. Buku teks merupakan buku panduan yang digunakan peserta didik maupun guru dalam kegiatan pembelajaran. Pada kenyataannya buku-buku pelajaran yang beredar masih kurang sesuai dengan standar isi yang terdapat di dalam kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesesuaian materi yang terdapat dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud dengan KI dan KD pada
Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan metode penelitian kualitatif. Data dan sumber data penelitian ini adalah Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas VII Edisi Revisi 2017. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ceklis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik baca, teknik catat. Pada penelitian ini teknik analisis datanya menggunakan analisis konten, artinya peneliti melakukan analisis terhadap materi atau isi yang ada dalam data primer (buku ajar). Berdasarkan hasil analisis kesesuaian materi dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 dengan KI dan KD pada Kurikulum jika dipresentasekan hasilnya, yaitu 50 % ketidaksesuaiannya terletak pada urutan materi buku teks terhadap KI dan KD. Artinya bahwa urutan materi pada semester dua tidak sesuai dengan urutan pada kurikulum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesesuaian Materi, Buku Teks, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:20 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56337 |