Rizki, Akmal Nur (2021) Pengembangan Media Berbasis Web Blog Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Dumai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163121001 COVER.pdf
Download (403kB)
2. NIM 5163121001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM 5163121001 ABSTRACT.pdf
Download (715kB)
4. NIM 5163121001 PREFACE.pdf
Download (710kB)
5. NIM 5163121001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (735kB)
6. NIM 5163121001 LIST OF PICTURE.pdf
Download (703kB)
7. NIM 5163121001 APPENDIX LIST.pdf
Download (700kB)
8. NIM 5163121001 LIST OF TABLE.pdf
Download (424kB)
9. NIM 5163121001 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
13. NIM 5163121001 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14. NIM 5163121001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Web Blog (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Web Blog pada mata pelajaran gambar teknik mesin yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media (3) mengetahui ke efektivitas media pembelajaran berbasis Web Blog pada mata pelajaran gambar teknik mesin.
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMK Negeri 2 Dumai penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan berjumlah 31 orang. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dengan menggunakan 5 pilihan jawaban untuk ahli media dan ahli materi. Penelitian ini juga menggunakan instrument soal yang berjumlah 20 soal. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media berbasis web. Media pembelajaran ini dapat diakses siswa maupun guru dengan alamat website http://sites.google.com/view/wordpressblog-gambarproyeksi melalui aplikasi browser yang ada di laptop maupun dismartphone dengan menggunakan internet. (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 97,5% dengan kriteria “sangat layak”. Untuk kelayakan hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 89,4% dengan kriteria “layak”, dan hasil penilain siswa melalui angket pengguna dengan uji coba skala kecil mendapatkan skor sebesar 92,5% dengan kriteria “sangat layak”, dan uji coba skala besar mendapatkan skor sebesar 92,5% dengan kriteria “sangat laayak”. Melalui hasil validasi media interaktif berbasis web blog yang dikembangan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. (3) keefektifan media pembelajaran media pembelajaran berdasarkan hasil dari pre test memperoleh skor 59,03 dan skor dari post test memperoleh skor sebesar 75,16, dan memperoleh kenaikan hasil belajar siswa sebesar 27%. Hasil penelitian menujukan bahwa media interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Dumai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Web; Model ADDIE |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ227 Machine design and drawing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:01 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56321 |