Parapat, Blessira Alpha Nily (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Kontruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK N 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161111008 COVER.pdf
Download (483kB)
3. NIM. 5161111008 ABSTRACT.pdf
Download (977kB)
2. NIM. 5161111008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (8MB)
4. NIM. 5161111008 PREFACE.pdf
Download (1MB)
5. NIM 5161111008. TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
6. NIM. 5161111008 TABLES.pdf
Download (282kB)
7. NIM 5161111008. ILLUSTRATION.pdf
Download (734kB)
8. NIM. 5161111008 APPENDICES.pdf
Download (458kB)
9. NIM. 5161111008 CHAPTER I.pdf
Download (4MB)
13. NIM. 5161111008 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14. NIM. 5161111008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (736kB)
Abstract
Penelitian ini didasari karena kurang maksimalnya hasil belajar siswa kelas X DPIB SMK N 2 Medan pada mata pelajaran Dasar – Dasar Kontruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah. Kemudian minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran membuat suasana belajar yang membosankan sehingga kurang memicu minat belajar siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan sebuah inovasi dalam media pengembangan agar dapat mengatasi keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis video dan menghasilkan media pembelajaran yang layak untuk digunakan pada mata pelajaran dasar – dasar kontruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah siswa kelas X DPIB SMK N 2 Medan. Model penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) dan metode penelitian menggunakan metode Research And Development (R&D). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis video yang dikembangkan dinilai oleh 3 validator yang dimana terdiri dari 2 ahli materi, dan 1 ahli media. Untuk hasil validasi yang dilakukan, skor penilaian oleh ahli materi 1 memperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian untuk ahli materi 2 skor penilaian memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk skor penilaian ahli media memperoleh persentase 82% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada tahap ujicoba skala kecil yang dilakukan oleh 19 orang siswa diperoleh persentase rata – rata 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video sangat layak digunakan siswa kelas X DPIB SMK N 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media; Media Pembelajaran Berbasis Video; Model 4D |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:48 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56316 |