PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS VIDOESCRIBE PADA MATERI GERAK LURUS DI SMA AL-ULUM TERPADU MEDAN

AL-FATTAH, MUHAMMAD ALI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS VIDOESCRIBE PADA MATERI GERAK LURUS DI SMA AL-ULUM TERPADU MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4183121025_Cover.pdf] Text
4183121025_Cover.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4183121025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183121025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4183121025_Abstrak.pdf] Text
4183121025_Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4183121025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183121025_Kata_Pengantar.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 4183121025_Daftar_Isi.pdf] Text
4183121025_Daftar_Isi.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 4183121025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183121025_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4183121025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183121025_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4183121025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183121025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4183121025_BAB_I.pdf] Text
4183121025_BAB_I.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 4183121025_BAB_V.pdf] Text
4183121025_BAB_V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4183121025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183121025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan evektifitas dari pengembangan bahan ajar berbentuk video pembelajaran menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe pada materi Gerak Lurus. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan model ADDIE dengan dengan subjek penelitian merupakan siswa kelas X di SMA Al-ulum Terpadu Medan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh rata rata hasil validasi ahli materi dan media sebesar 87,1 % berdasarkan aspek kelayakan, penyajian, kebahasaan dan kegrafisan serta rekayasa perangkat lunak, dan untuk kepraktisan sebesar 80,92 % pada kelompok kecil dan besar berdasarkan aspek kemudahan penggunaan, ekivalensi, interpretasi, dan waktu penggunaan, dan evektifitasnya berdasarkan nilai N-Gain sebesar 68,65% pada pretest dan posttest dengan kategori cukup evektif. Diperoleh kesimpulan bahwa pembuatan bahan ajar berbentuk video pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi Gerak Lurus di SMA Al-ulum Terpadu Medan telah dikatakan, valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Video; Materi gerak lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 02:46
Last Modified: 06 May 2024 02:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56313

Actions (login required)

View Item
View Item