PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMK NEGERI 7 MEDAN

Sinurat, Indriyani (2023) PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7183142038_Cover.pdf] Text
7183142038_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 7183142038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7183142038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 7183142038_Kata_Pengantar.pdf] Text
7183142038_Kata_Pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 7183142038_Abstrak.pdf] Text
7183142038_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 7183142038_Daftar_Isi.pdf] Text
7183142038_Daftar_Isi.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 7183142038_Daftar_Tabel.pdf] Text
7183142038_Daftar_Tabel.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 7183142038_Daftar_Gambar.pdf] Text
7183142038_Daftar_Gambar.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 7183142038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7183142038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 7183142038_BAB_I.pdf] Text
7183142038_BAB_I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 7183142038_BAB_V.pdf] Text
7183142038_BAB_V.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 7183142038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7183142038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (150kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi kelas XII SMK Negeri 7 Medan pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang berlokasi di Jalan STM No.12 E,Sitirejo II,Kecamatan Medan Amplas,Kota Medan,Sumatera Utara. Jenis Penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa,dimana pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan teknik acak. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian jika data penelitian sudah terkumpul maka akan diolah kembali menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 24.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pemanfaatan e-learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,406 > 1,991) dan nilai signifikan (0,001 < 0,05) ; (2) lingkungan teman sebaya juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > t tabel (3,559 > 1,991) dan nilai signifikan (0,001 < 0,05) ; (3) motivasi belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,277 > 1,991) dan nilai signifikan ( 0,002 < 0,05) ; (4) secara simultan juga pemanfaatan e-learning,lingkungan teman sebaya,dan motivasi belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai F hitung > F tabel (10,343 > 2,72 ) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,259 (25,9 %) sedangkan sisanya 74,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y = 58,293 + 0,124 X1 + 0,152 X2+ 0,112 X3 + E . Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memperoleh hasil dimana pemanfaatan e-learning,lingkungan teman sebaya,dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemanfaatan E-Learning,Lingkungan Teman Sebaya,Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 14:31
Last Modified: 05 May 2024 14:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56295

Actions (login required)

View Item
View Item