Sinurat, Indriyani (2023) PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7183142038_Cover.pdf
Download (40kB)
7183142038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (232kB)
7183142038_Kata_Pengantar.pdf
Download (169kB)
7183142038_Abstrak.pdf
Download (139kB)
7183142038_Daftar_Isi.pdf
Download (247kB)
7183142038_Daftar_Tabel.pdf
Download (143kB)
7183142038_Daftar_Gambar.pdf
Download (114kB)
7183142038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (143kB)
7183142038_BAB_I.pdf
Download (454kB)
7183142038_BAB_V.pdf
Download (97kB)
7183142038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (150kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi kelas XII SMK Negeri 7 Medan pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang berlokasi di Jalan STM No.12 E,Sitirejo II,Kecamatan Medan Amplas,Kota Medan,Sumatera Utara. Jenis Penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa,dimana pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan teknik acak. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian jika data penelitian sudah terkumpul maka akan diolah kembali menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 24.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pemanfaatan e-learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,406 > 1,991) dan nilai signifikan (0,001 < 0,05) ; (2) lingkungan teman sebaya juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > t tabel (3,559 > 1,991) dan nilai signifikan (0,001 < 0,05) ; (3) motivasi belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,277 > 1,991) dan nilai signifikan ( 0,002 < 0,05) ; (4) secara simultan juga pemanfaatan e-learning,lingkungan teman sebaya,dan motivasi belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai F hitung > F tabel (10,343 > 2,72 ) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,259 (25,9 %) sedangkan sisanya 74,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan adalah Y = 58,293 + 0,124 X1 + 0,152 X2+ 0,112 X3 + E . Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memperoleh hasil dimana pemanfaatan e-learning,lingkungan teman sebaya,dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemanfaatan E-Learning,Lingkungan Teman Sebaya,Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 14:31 |
Last Modified: | 05 May 2024 14:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56295 |