Simanjorang, Helena (2023) PENGARUH PERILAKU BELAJAR, LITERASI, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN SISWA KELAS X JURUSAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192443011_Cover.pdf
Download (148kB)
7192443011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (767kB)
7192443011_Kata_Pengantar.pdf
Download (900kB)
7192443011_Abstrak.pdf
Download (199kB)
7192443011_Daftar_Isi.pdf
Download (186kB)
7192443011_Daftar_Tabel.pdf
Download (126kB)
7192443011_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
7192443011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (54kB)
7192443011_BAB_I.pdf
Download (477kB)
7192443011_BAB_V.pdf
Download (65kB)
7192443011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (67kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perilaku Belajar, Literasi, dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Pemasara Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran Di SMK Negeri 7 Medan.Sampel yang digunakan dalan penelitian ini sebanyak 63 orang responden dengan menggunakan Teknik Total Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda serta Uji Parsial (Uji-t), Uji Simultan (Uji-F) dan Koefisien Determinasi (R2) untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan SPSS 22 memperoleh persamaan analisis regresi inear berganda diperoleh hasil setiap variabel independent (Perilaku Belajar, Literasi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran) memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar, denngan kepemilikan nilai koefisien regresi setiap variabel >0. Kemudian Berdaarkan Uji Parsial (Uji-T) Perilaku Belajar memperoleh nilai tHitung>ttabel (4,277>1,671) dengan signifikansi α = 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan Perilaku Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sehingga H0 diterima. Kemudian Literasi memiliki nilai thitung >ttabel (2,242>1,671) dengan signifikansi α = 0,029<0,05. Sehingga dapat disimpulkan Literasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sehingga H0 diterima. Untuk variabel pemanfaatan media pembelajran memiliki nilai thitung >ttabel (3,126>1,671) dengan signifikansi α = 0,003<0,05. Sehingga dapat disimpulkan Pemanfaatan Media Pembelajran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sehingga H0 diterima. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung >Ftabel (38,798>2,761 dengan signifikansi α = 0,000<0,05 sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara Perilaku Belajar (X1), Literasi (X2) dan Pemanfaatan Media Pembelajaran (X3) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Koefisien Determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,664 atau sebesar 66,4% yang artinya besaran kontribusi pengaruh yang diberikan variabel Perilaku Belajar, Literasi, dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar sebesar 66,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perilaku Belajar, Literasi, Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 13:28 |
Last Modified: | 05 May 2024 13:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56287 |