PENGARUH PERILAKU BELAJAR, LITERASI, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN SISWA KELAS X JURUSAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN

Simanjorang, Helena (2023) PENGARUH PERILAKU BELAJAR, LITERASI, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PEMASARAN SISWA KELAS X JURUSAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192443011_Cover.pdf] Text
7192443011_Cover.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7192443011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192443011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of 7192443011_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192443011_Kata_Pengantar.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of 7192443011_Abstrak.pdf] Text
7192443011_Abstrak.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 7192443011_Daftar_Isi.pdf] Text
7192443011_Daftar_Isi.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 7192443011_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192443011_Daftar_Tabel.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 7192443011_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192443011_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 7192443011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192443011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 7192443011_BAB_I.pdf] Text
7192443011_BAB_I.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 7192443011_BAB_V.pdf] Text
7192443011_BAB_V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 7192443011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192443011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perilaku Belajar, Literasi, dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Pemasara Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran Di SMK Negeri 7 Medan.Sampel yang digunakan dalan penelitian ini sebanyak 63 orang responden dengan menggunakan Teknik Total Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda serta Uji Parsial (Uji-t), Uji Simultan (Uji-F) dan Koefisien Determinasi (R2) untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan SPSS 22 memperoleh persamaan analisis regresi inear berganda diperoleh hasil setiap variabel independent (Perilaku Belajar, Literasi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran) memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar, denngan kepemilikan nilai koefisien regresi setiap variabel >0. Kemudian Berdaarkan Uji Parsial (Uji-T) Perilaku Belajar memperoleh nilai tHitung>ttabel (4,277>1,671) dengan signifikansi α = 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan Perilaku Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sehingga H0 diterima. Kemudian Literasi memiliki nilai thitung >ttabel (2,242>1,671) dengan signifikansi α = 0,029<0,05. Sehingga dapat disimpulkan Literasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sehingga H0 diterima. Untuk variabel pemanfaatan media pembelajran memiliki nilai thitung >ttabel (3,126>1,671) dengan signifikansi α = 0,003<0,05. Sehingga dapat disimpulkan Pemanfaatan Media Pembelajran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar sehingga H0 diterima. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung >Ftabel (38,798>2,761 dengan signifikansi α = 0,000<0,05 sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara Perilaku Belajar (X1), Literasi (X2) dan Pemanfaatan Media Pembelajaran (X3) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Koefisien Determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,664 atau sebesar 66,4% yang artinya besaran kontribusi pengaruh yang diberikan variabel Perilaku Belajar, Literasi, dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar sebesar 66,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perilaku Belajar, Literasi, Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 13:28
Last Modified: 05 May 2024 13:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56287

Actions (login required)

View Item
View Item