PENGEMBANGAN MODUL PERKULIAHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI EMBRIOGENESIS

Sitepu, Jefri Ardiansyah (2023) PENGEMBANGAN MODUL PERKULIAHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI EMBRIOGENESIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192441009_Cover.pdf] Text
4192441009_Cover.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4192441009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192441009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4192441009_Abstrak.pdf] Text
4192441009_Abstrak.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4192441009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192441009_Kata_Pengantar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4192441009_Daftar_Isi.pdf] Text
4192441009_Daftar_Isi.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4192441009_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192441009_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4192441009_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192441009_Daftar_Gambar.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 4192441009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192441009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4192441009_BAB_I.pdf] Text
4192441009_BAB_I.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4192441009_BAB_V.pdf] Text
4192441009_BAB_V.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4192441009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192441009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (253kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar kognitif mahasiswa yang menjadi latar belakang penelitian ini. Berdasarkan latar belakang tersebut dibutuhkan inovasi yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar kognitif mahasiswa, salah satunya melalui pengembangan modul perkuliahan berbasis project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul perkuliahan berbasis project based learning berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa, merancang modul sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa, mengetahui Tingkat kelayakan, serta mengetahui pengaruh modul perkuliahan berbasis project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan R&D, Model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Objek pada penelitian ini adalah kelas Pendidikan Biologi 2022 A Universitas Negeri Medan (kelas eksperimen) dengan menggunakan modul perkuliahan berbasis project based learning, kelas Pendidikan Biologi 2022 C Universitas Negeri Medan (kelas kontrol) dengan menggunakan sumber belajar konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar kognitif yang terdiri dari 20 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data analisis kebutuhan mahasiswa menyatakan membutuhkan alternatif sumber belajar sebesar 91,9%. Tingkat kelayakan modul perkuliahan berbasis project based learning dari penilaian ahli materi mendapat kriteria “Sangat Layak” (96,87%), penilaian ahli pembelajaran mendapat kriteria Sangat Layak (97,72%)”, penilaian ahli desain mendapat kriteria “Sangat Layak” (88,46%). Data respon mahasiswa diperoleh respon positif dengan kriteria “Sangat Baik” (94,52%). Hasil uji N-gain kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen menunjukkan N-gain score sebesar 88,45 (Tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 37,27 (Sedang). Hasil uji N-gain kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen N-gain score sebesar 87,14 (Tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 47,85 (Sedang). Hasil uji N-gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen N-gain score sebesar 86,95 (Tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 47,52 (Sedang). Berdasarkan hasil uji N-gain dapat disimpulkan bahwa modul perkuliahan berbasis project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar kognitif mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Modul Perkuliahan, Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 May 2024 13:16
Last Modified: 05 May 2024 13:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56286

Actions (login required)

View Item
View Item