PENGARUH BEASISWA, KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

DAMANIK, HAMDI ARMANDA (2023) PENGARUH BEASISWA, KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193341026_Cover.pdf] Text
7193341026_Cover.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 7193341026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193341026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 7193341026_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193341026_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 7193341026_Abstrak.pdf] Text
7193341026_Abstrak.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 7193341026_Daftar_Isi.pdf] Text
7193341026_Daftar_Isi.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 7193341026_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193341026_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 7193341026_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193341026_Daftar_Gambar.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 7193341026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193341026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 7193341026_BAB_I.pdf] Text
7193341026_BAB_I.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 7193341026_BAB_V.pdf] Text
7193341026_BAB_V.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 7193341026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193341026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya peningkatan prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa bank Indonesia di Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Matematika dan Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beasiswa, keaktifan berorganisasi, dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Universitas Negeri Medan penerima beasiswa Bank Indonesia penerimaan tahun 2022. Populasi dari penelitian ini adalah penerima beasiswa bank Indonesia tahun 2022 di Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Matematika dan Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 75 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dalam bentuk skala likert. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa beasiswa, keaktifan berorganisasi, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Universitas Negeri Medan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y=3151 + 0,005 (X₁) – 0,002 (X₂) + 0,005 (X₃) selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara beasiswa berpengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai � ℎ����� ����� >� ����� ����� ����� ����� ����� (5,507 (5,507 >1,99 >1,99 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi 3) dan nilai signifikansi (0,001 (0,001 <0,05). <0,05). <0,05). Selanjutnya dapat dilihat antara keaktifan berorganisasi berpengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa dengan nilai �ℎ�����>������ (-2,354< 1,993) dan nilai signifikansi (0,021<0,05). Kemudian dapat dilihat antara motivasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa yang dilihat dari nilai �ℎ�����>������ (4,533>1,993) dan nilai signifikansi (0,001<0,05). Secara simultan (Uji F) ditunjukkan dengan nilai �ℎ�����>������ (31,741>2,73) dan nilai signifikansi (0,001<0,05). Sehingga hipotesis dapat dikatakan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa beasiswa, keaktifan berorganisasi, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Beasiswa, Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 12:35
Last Modified: 05 May 2024 12:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56282

Actions (login required)

View Item
View Item