WIRDAYANTI, FADIA (2023) ANALISIS HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK YANG DITERIMA MELALUI SISTEM ZONASI DI SMA NEGERI 1 TALAWI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341002_Cover.pdf
Download (237kB)
7193341002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (412kB)
7193341002_Kata_Pengantar.pdf
Download (501kB)
7193341002_Abstrak.pdf
Download (256kB)
7193341002_Daftar_Isi.pdf
Download (253kB)
7193341002_Daftar_Tabel.pdf
Download (228kB)
7193341002_Daftar_Gambar.pdf
Download (226kB)
7193341002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (227kB)
7193341002_BAB_I.pdf
Download (798kB)
7193341002_BAB_V.pdf
Download (281kB)
7193341002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (516kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi antar jalur pada sistem penerimaan peserta didik yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur prestasi di SMA Negeri 1 Talawi. Penelitian dilaksanakan pada siswakelas X dan XI semester genap tahun pelajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Talawi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi daftar peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi dan nilai UAS (Ujian Akhir Semester). Teknik analisis data hipotesis menggunakan Uji Kruskal-Wallis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI pada jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur prestasi yang berjumlah 200 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi antar jalur pada jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur prestasi di kelas X, yang dapat dilihat dari nilai signifikan > 0,05. Sedangkan pada kelas XI dan keseruluhan siswa (kelas X dan kelas XI), menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi antar jalur pada jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur prestasi, yang dapat dilihat dari nilai signifikan < 0,05. Sehingga secara keseluruhan hasil belajar ekonomi siswa dalam penerapan sistem zonasi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi antar jalur pada jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur prestasi di SMA Negeri 1 Talawi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peserta Didik, Sistem Zonasi, Hasil Belajar Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2024 13:09 |
Last Modified: | 15 May 2024 13:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56260 |