SILABAN, ERVINA JULIARTA (2023) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BUKU BESAR KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193142004_Cover.pdf
Download (61kB)
7193142004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (284kB)
7193142004_Kata_Pengantar.pdf
Download (135kB)
7193142004_Abstrak.pdf
Download (72kB)
7193142004_Daftar_Isi.pdf
Download (113kB)
7193142004_Daftar_Tabel.pdf
Download (49kB)
7193142004_Daftar_Gambar.pdf
Download (48kB)
7193142004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (49kB)
7193142004_BAB_I.pdf
Download (345kB)
7193142004_BAB_V.pdf
Download (99kB)
7193142004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (129kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar, kecerdasan emosional, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar materi buku besar siswa kelas X jurusan akuntansi di SMKN 1 Doloksanggul. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel secara keseluruhan sebanyak 94 siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan penyebaran angket. Angket penelitian ini terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 25.
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas Belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar materi buku besar siswa dengan nilai thitung > ttabel (5,787>1,986) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Kecerdasan emosional ; (2) Kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar materi buku besar siswa dengan nilai (2,378>1,986) dengan nilai signifikansi 0,020<0,05 ; (3) Lingkungan Belajar secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar materi buku besar siswa dengan nilai (2,628>1,986) dengan nilai signifikansi 0,010<0,05 ; (4) secara simultan, intensitas belajar, kecerdasan emosional dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar materi buku besar siswa. Hal ini ditunjukkan hasil uji F dimana Fhitung > Ftabel (84,408>2,71). Hasil uji R2 sebesar 0,738 (73,8%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Intensitas Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Lingkungan Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2024 01:02 |
Last Modified: | 15 May 2024 01:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56254 |