PENGARUH INTENSITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BUKU BESAR KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 DOLOKSANGGUL

SILABAN, ERVINA JULIARTA (2023) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BUKU BESAR KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193142004_Cover.pdf] Text
7193142004_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 7193142004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193142004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 7193142004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193142004_Kata_Pengantar.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 7193142004_Abstrak.pdf] Text
7193142004_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 7193142004_Daftar_Isi.pdf] Text
7193142004_Daftar_Isi.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7193142004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193142004_Daftar_Tabel.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 7193142004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193142004_Daftar_Gambar.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 7193142004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193142004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 7193142004_BAB_I.pdf] Text
7193142004_BAB_I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 7193142004_BAB_V.pdf] Text
7193142004_BAB_V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 7193142004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193142004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (129kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar, kecerdasan emosional, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar materi buku besar siswa kelas X jurusan akuntansi di SMKN 1 Doloksanggul. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel secara keseluruhan sebanyak 94 siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan penyebaran angket. Angket penelitian ini terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 25.
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas Belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar materi buku besar siswa dengan nilai thitung > ttabel (5,787>1,986) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Kecerdasan emosional ; (2) Kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar materi buku besar siswa dengan nilai (2,378>1,986) dengan nilai signifikansi 0,020<0,05 ; (3) Lingkungan Belajar secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar materi buku besar siswa dengan nilai (2,628>1,986) dengan nilai signifikansi 0,010<0,05 ; (4) secara simultan, intensitas belajar, kecerdasan emosional dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar materi buku besar siswa. Hal ini ditunjukkan hasil uji F dimana Fhitung > Ftabel (84,408>2,71). Hasil uji R2 sebesar 0,738 (73,8%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Intensitas Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Lingkungan Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 May 2024 01:02
Last Modified: 15 May 2024 01:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56254

Actions (login required)

View Item
View Item