YUSDA, ERIKA NADILLAH (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X OTKP DI SMK MUHAMMADIYAH 04 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7182144006_Cover.pdf
Download (79kB)
7182144006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (324kB)
7182144006_Kata_Pengantar.pdf
Download (177kB)
7182144006_Abstrak.pdf
Download (114kB)
7182144006_Daftar_Isi.pdf
Download (964kB)
7182144006_Daftar_Tabel.pdf
Download (922kB)
7182144006_Daftar_Gambar.pdf
Download (163kB)
7182144006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
7182144006_BAB_I.pdf
Download (345kB)
7182144006_BAB_V.pdf
Download (64kB)
7182144006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (947kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Project based learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP Di SMK Muhammadiyah 04 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan kuantitatif. Waktu penelitian pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 04 Medan dengan populasi dan sampel berjumlah 78 siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Pretest dan Posttest. Pretest digunakan untuk melihat kemampuan awal siswa dan Posttest untuk melihat kemampuan siswa setelah diberi perlakuan dalam bentuk skala likert I sebanyak masing-masing 10 item soal. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 7,211 + 82,0513 X1. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel Hasil Belajar (Y) menggunakan variabel Model Pembelajaran Project based learning (X1) Siswa kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 04 Medan dengan hasil uji besar pengaruh perlakuan (effect size) menunjukkan r (Effect Size) = 0,68 dengan 46%, sehingga Hipotesis pertama dapat diterima. 2) Presentase perbedaan peningkatan N-Gain Hasil Belajar pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Project based learning sebesar 82% kategori efektif dan presentase peningkatan N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol sebesar 29% kategori tidak efektif, sehingga Hipotesis kedua dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas x otkp smk negeri muhammadiyah 04 medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 May 2024 00:44 |
Last Modified: | 15 May 2024 00:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56251 |