PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 16 MEDAN T.A 2023/2024

DILANI, ELVIRA (2023) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 16 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7182141004_Cover.pdf] Text
7182141004_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 7182141004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7182141004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 7182141004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7182141004_Kata_Pengantar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 7182141004_Abstrak.pdf] Text
7182141004_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 7182141004_Daftar_Isi.pdf] Text
7182141004_Daftar_Isi.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 7182141004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7182141004_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 7182141004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7182141004_Daftar_Gambar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 7182141004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7182141004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 7182141004_BAB_I.pdf] Text
7182141004_BAB_I.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 7182141004_BAB_V.pdf] Text
7182141004_BAB_V.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 7182141004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7182141004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII SMA Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 69 populasi dan sekaligus sampel sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa yang diambil berdasarkan teknik Total Sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksankan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistic membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y = Y = 5.358 + 0.213X1 +0.336X2. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel Kreativitas Guru (X1) diperoleh thitung sebesar 7.825 dengan demikian thitung > ttabel (7.825 > 1.668) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kedua, pada variabel fasilitas belajar belajar (X2) diperolah hasil perhitungan thitung sebesar 4.825 maka thitung > ttabel (4.825 > 1.658) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05.
Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 32,277 > 3.14 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.506. Artinya, Kreativitas Guru dan fasilitas belajar secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 50.6% dan sisanya 49.4% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kreativitas Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 14 May 2024 10:27
Last Modified: 14 May 2024 10:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56246

Actions (login required)

View Item
View Item