DILANI, ELVIRA (2023) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 16 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7182141004_Cover.pdf
Download (61kB)
7182141004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (221kB)
7182141004_Kata_Pengantar.pdf
Download (220kB)
7182141004_Abstrak.pdf
Download (65kB)
7182141004_Daftar_Isi.pdf
Download (410kB)
7182141004_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
7182141004_Daftar_Gambar.pdf
Download (36kB)
7182141004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (180kB)
7182141004_BAB_I.pdf
Download (593kB)
7182141004_BAB_V.pdf
Download (96kB)
7182141004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (94kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII SMA Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 69 populasi dan sekaligus sampel sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa yang diambil berdasarkan teknik Total Sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksankan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistic membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y = Y = 5.358 + 0.213X1 +0.336X2. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel Kreativitas Guru (X1) diperoleh thitung sebesar 7.825 dengan demikian thitung > ttabel (7.825 > 1.668) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. Kedua, pada variabel fasilitas belajar belajar (X2) diperolah hasil perhitungan thitung sebesar 4.825 maka thitung > ttabel (4.825 > 1.658) dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05.
Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 32,277 > 3.14 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.506. Artinya, Kreativitas Guru dan fasilitas belajar secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 50.6% dan sisanya 49.4% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 May 2024 10:27 |
Last Modified: | 14 May 2024 10:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56246 |