IMPLEMENTASI GAME THEORY DAN MARKOV CHAIN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN SERTA PERPINDAHAN PELANGGAN APLIKASI STREAMING MUSIK

Siagian, Intan (2023) IMPLEMENTASI GAME THEORY DAN MARKOV CHAIN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN SERTA PERPINDAHAN PELANGGAN APLIKASI STREAMING MUSIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193230010_Cover.pdf] Text
4193230010_Cover.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4193230010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193230010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 4193230010_Abstrak.pdf] Text
4193230010_Abstrak.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4193230010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193230010_Kata_Pengantar.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4193230010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193230010_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4193230010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193230010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4193230010_BAB_I.pdf] Text
4193230010_BAB_I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 4193230010_BAB_V.pdf] Text
4193230010_BAB_V.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4193230010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193230010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Lahirnya aplikasi streaming musik membuat seseorang dapat mendengarkan lagu dengan mudah setiap saatnya dan tentu saja secara legal. Pada kuartal III/2022, Indonesia menjadi negara dengan persentase pengguna streaming musik tertinggi di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang optimal menggunakan game theory dan melihat perpindahan pelanggan yang terjadi dengan menggunakan markov chain pada aplikasi streaming musik. Hasil penelitian untuk strategi pemasaran dengan menggunakan game theory didapat dengan strategi murni yang mana pada persaingan Spotify dan Joox didapat strategi optimal untuk Spotify adalah Produk sedangkan Joox adalah Citra Merek dan Ukuran Download. Pada persaingan Spotify dan Resso didapat strategi optimal yang sama yaitu Produk. Pada Joox dan Resso didapat strategi optimal untuk Joox adalah Promosi dan Resso didapat strategi optimal yaitu Produk dan Promosi. Untuk erhitungan perpindahan pelanggan menggunakan Markov Chain, jika probabilitas semakin besar berarti minat pelanggan menggunakan merek tersebut juga semakin besar. Sehingga didapat hasil probabilitas Spotify senilai 0.408, Joox senilai 0.187, dan Resso senilai 0.405.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Game Theory, Markov Chain, Strategi Pemasaran, Perpindahan Pelanggan, Aplikasi Streaming Musik
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 May 2024 04:43
Last Modified: 05 May 2024 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56229

Actions (login required)

View Item
View Item