LESTARI, DINI (2023) PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191141013_Cover.pdf
Download (67kB)
7191141013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (787kB)
7191141013_Kata_Pengantar.pdf
Download (247kB)
7191141013_Abstrak.pdf
Download (83kB)
7191141013_Daftar_Isi.pdf
Download (219kB)
7191141013_Daftar_Tabel.pdf
Download (676kB)
7191141013_Daftar_Gambar.pdf
Download (183kB)
7191141013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (316kB)
7191141013_BAB_I.pdf
Download (712kB)
7191141013_BAB_V.pdf
Download (372kB)
7191141013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (522kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Lingkungan Keluarga Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020 di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan Ekonomi angakatan 2020 di Universitas Negeri Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 83 mahasiswa. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Fenomena yang terjadi dikarenakan banyak mahasiswa yang gagal dalam memenuhi nilai IPK dan penyebabnya ditandai karena sering melakukan tindakan prokrastinasi. Cara belajar mahasiswa yang kurang efektif juga menjadi penyebab penurunan IPK. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan validitas isi dan uji reliabilitasnya dihitung dengan mengunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F).
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu Y = 3,426 + 0,003X1 + 0,001X2 + e. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil prokrastinasi akademik berpengaruh negetif dan signifikan terhadap IPK dengan nilai thitung > ttabel (1,580 < 1,664) dan nilai sig (0,118 > 0,05). Lingkungan keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPK dengan nilai thitung < ttabel (-753 > 1,664) dan nilai sig (0,454 > 0,05). Selanjutnya untuk uji hipotesis secara simultan (uji F) diperoleh hasil prokrastinasi akademik dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai fhitung > ftabel (2,006 > 3,11). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,245 atau sebesar 24,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 24,5% Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dipengaruhi oleh prokrastinasi akademik dan lingkungan keluarga. Sedangkan 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Lingkungan Keluarga, IPK |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 07:34 |
Last Modified: | 05 May 2024 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56227 |