Marince (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111065_Cover.pdf
Download (117kB)
4193111065_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4193111065_Abstrak.pdf
Download (124kB)
4193111065_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4193111065_Daftar_Isi.pdf
Download (129kB)
4193111065_Daftar_Gambar.pdf
Download (97kB)
4193111065_Daftar_Tabel.pdf
Download (124kB)
4193111065_Daftar_Lampiran.pdf
Download (124kB)
4193111065_BAB_I.pdf
Download (382kB)
4193111065_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (744kB)
4193111065_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (964kB)
4193111065_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193111065_BAB_V.pdf
Download (190kB)
4193111065_Daftar_Pustaka.pdf
Download (265kB)
4193111065_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk video animasi untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau R&D. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas X MIA 7 di SMA Negeri 11 Medan. Hasil dari analisis penelitian ini, diperoleh: (1) Video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validasi ahli materi 91,2% dan validasi ahli media yaitu 89,7%. (2) Video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis karena hasil angket respon ahli materi yaitu 90,2%, ahli media sebesar 90,2%, respon guru 93,2% dan skor rata-rata peserta didik 84,7%. (3) Video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan respon apresiasi siswa terhadap video animasi sebesar 91,4% dan hasil tingkatan minat belajar dari 45,7% menjadi 85,0%. (4) Peningkatan minat belajar peserta didik dimana kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan video animasi (pretest) dalam kriteria rendah dengan rata-rata 137.75 (persentase sebesar 45.7%) dan meningkat setelah menggunakan video animasi (posttest) dengan rata-rata 254,75 (persentase sebesar 85.0%) dan perhitungan rumus N-gain menghasilkan peningkatan sebesar 0,70
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Video animasi; Minat belajar; Pengembangan media |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 03 May 2024 05:29 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56201 |
