PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X

Marince (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111065_Cover.pdf] Text
4193111065_Cover.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4193111065_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111065_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111065_Abstrak.pdf] Text
4193111065_Abstrak.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193111065_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111065_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111065_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111065_Daftar_Isi.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4193111065_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111065_Daftar_Gambar.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4193111065_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111065_Daftar_Tabel.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193111065_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111065_Daftar_Lampiran.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193111065_BAB_I.pdf] Text
4193111065_BAB_I.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4193111065_BAB_V.pdf] Text
4193111065_BAB_V.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4193111065_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111065_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk video animasi untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau R&D. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas X MIA 7 di SMA Negeri 11 Medan. Hasil dari analisis penelitian ini, diperoleh: (1) Video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validasi ahli materi 91,2% dan validasi ahli media yaitu 89,7%. (2) Video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis karena hasil angket respon ahli materi yaitu 90,2%, ahli media sebesar 90,2%, respon guru 93,2% dan skor rata-rata peserta didik 84,7%. (3) Video animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan respon apresiasi siswa terhadap video animasi sebesar 91,4% dan hasil tingkatan minat belajar dari 45,7% menjadi 85,0%. (4) Peningkatan minat belajar peserta didik dimana kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan video animasi (pretest) dalam kriteria rendah dengan rata-rata 137.75 (persentase sebesar 45.7%) dan meningkat setelah menggunakan video animasi (posttest) dengan rata-rata 254,75 (persentase sebesar 85.0%) dan perhitungan rumus N-gain menghasilkan peningkatan sebesar 0,70

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video animasi; Minat belajar; Pengembangan media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 May 2024 05:29
Last Modified: 03 May 2024 05:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56201

Actions (login required)

View Item
View Item