PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI T.P 2022/2023

Sinaga, Maniar Octavialis (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193351003_Cover.pdf] Text
4193351003_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4193351003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of 4193351003_Abstrak.pdf] Text
4193351003_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193351003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351003_Kata_Pengantar.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4193351003_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351003_Daftar_Isi.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193351003_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351003_Daftar_Gambar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4193351003_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351003_Daftar_Tabel.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4193351003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4193351003_BAB_I.pdf] Text
4193351003_BAB_I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4193351003_BAB_V.pdf] Text
4193351003_BAB_V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 4193351003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII pada materi keanekaragaman hayati di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) jumlah siswa 32 orang dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) jumlah siswa 31 orang . Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperiment dengan desain two group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Data pretest dan posttest hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah masing-masing 34 dan 85, sedangkan di kelas kontrol adalah 31 dan 57. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Aktifitas belajar siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing kategori sangat aktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keanekaragaman hayati; Pembelajaran inkuiri; Aktivita siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 May 2024 04:29
Last Modified: 03 May 2024 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56195

Actions (login required)

View Item
View Item