Sinaga, Maniar Octavialis (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193351003_Cover.pdf
Download (42kB)
4193351003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (711kB)
4193351003_Abstrak.pdf
Download (63kB)
4193351003_Kata_Pengantar.pdf
Download (129kB)
4193351003_Daftar_Isi.pdf
Download (99kB)
4193351003_Daftar_Gambar.pdf
Download (214kB)
4193351003_Daftar_Tabel.pdf
Download (37kB)
4193351003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (41kB)
4193351003_BAB_I.pdf
Download (369kB)
4193351003_BAB_V.pdf
Download (65kB)
4193351003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (213kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII pada materi keanekaragaman hayati di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) jumlah siswa 32 orang dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) jumlah siswa 31 orang . Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperiment dengan desain two group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Data pretest dan posttest hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah masing-masing 34 dan 85, sedangkan di kelas kontrol adalah 31 dan 57. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Aktifitas belajar siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing kategori sangat aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Pembelajaran inkuiri; Aktivita siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 03 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56195 |