Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dolok Sanggul

Simanullang, Sitti Erna (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dolok Sanggul. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192411016 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192411016 COVER.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192411016 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192411016 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM.2192411016 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192411016 ABSTRACT.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192411016 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192411016 PREFACE.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192411016 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192411016 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192411016 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2192411016 LIST OF TABLE.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192411016 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2192411016 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192411016 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2192411016 CHAPTER I.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 12. NIM.2192411016 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2192411016 CHAPTER V.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192411016 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2192411016 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 208 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode random sampling (acak kelas), sehingga diperoleh kelas X IPA-2 yang berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes membuat sebuah puisi. Dari distribusi
data yang diperoleh: 1) hasil pretest siswa memiliki nilai rata-rata 61,47 dengan standar deviasi 8,53, dan standar error 1,49; 2) hasil posttest siswa memiliki nilai rata-rata 81,62, standar deviasi 7,74, dan standar error 1,35. Hasil uji normalitas diperoleh: 1) pretest memperoleh harga Lhitung < Ltabel yaitu 0,032 < 0,152 hal ini membuktikan bahwa data pretest berdistribusi normal. 2) posttest memperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.038 < 0,152 hal ini membuktikan bahwa data posttest berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa
sampel berasal populasi yang homogen. Setelah itu diketahui to sebesar 10,01989 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikasi α = 0,05 dengan df= N-1, df=34-1=33 pada taraf nyata α = 5% maka diperoleh ttabel=2,03452. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 10,01989 > 2,03452. Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
penggunaan metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Metode Pembelajaran Field Trip, Kemampuan Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 03 May 2024 04:05
Last Modified: 03 May 2024 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56191

Actions (login required)

View Item
View Item