Simanullang, Sitti Erna (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dolok Sanggul. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411016 COVER.pdf
Download (221kB)
2. NIM.2192411016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2192411016 ABSTRACT.pdf
Download (318kB)
4. NIM.2192411016 PREFACE.pdf
Download (365kB)
5. NIM.2192411016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (272kB)
6. NIM.2192411016 LIST OF TABLE.pdf
Download (71kB)
7. NIM.2192411016 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (213kB)
8. NIM.2192411016 CHAPTER I.pdf
Download (540kB)
12. NIM.2192411016 CHAPTER V.pdf
Download (244kB)
13. NIM.2192411016 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (490kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 208 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode random sampling (acak kelas), sehingga diperoleh kelas X IPA-2 yang berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes membuat sebuah puisi. Dari distribusi
data yang diperoleh: 1) hasil pretest siswa memiliki nilai rata-rata 61,47 dengan standar deviasi 8,53, dan standar error 1,49; 2) hasil posttest siswa memiliki nilai rata-rata 81,62, standar deviasi 7,74, dan standar error 1,35. Hasil uji normalitas diperoleh: 1) pretest memperoleh harga Lhitung < Ltabel yaitu 0,032 < 0,152 hal ini membuktikan bahwa data pretest berdistribusi normal. 2) posttest memperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.038 < 0,152 hal ini membuktikan bahwa data posttest berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa
sampel berasal populasi yang homogen. Setelah itu diketahui to sebesar 10,01989 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikasi α = 0,05 dengan df= N-1, df=34-1=33 pada taraf nyata α = 5% maka diperoleh ttabel=2,03452. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 10,01989 > 2,03452. Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
penggunaan metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Doloksanggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Metode Pembelajaran Field Trip, Kemampuan Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 03 May 2024 04:05 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56191 |