Luthfita, Majdah (2023) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN WOLFRAM ALPHA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311056_Cover.pdf
Download (216kB)
4193311056_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (573kB)
4193311056_Abstrak.pdf
Download (467kB)
4193311056_Kata_Pengantar.pdf
Download (361kB)
4193311056_Daftar_Isi.pdf
Download (392kB)
4193311056_Daftar_Gambar.pdf
Download (265kB)
4193311056_Daftar_Tabel.pdf
Download (240kB)
4193311056_Daftar_Lampiran.pdf
Download (403kB)
4193311056_BAB_I.pdf
Download (688kB)
4193311056_BAB_V.pdf
Download (521kB)
4193311056_Daftar_Pustaka.pdf
Download (434kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Wolfram Alpha lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas
VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas VIIIAhmad Syafi’i Maarif sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Wolfram Alpha dan kelas VIIIAmin Rais sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas
terlebih dahulu, dengan hasil pretest-posttest kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebanyak dua kali pertemuan pada kelas eksperimen menggunakan
Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Wolfram Alpha diperoleh nilai ratarata 91,33 dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran biasa diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,03. Untuk uji hipotesis digunakan uji t (independent
sample t-test), dengan 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 60. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai �ℎ����� (3,5) > ������ (1,617) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantuan Wolfram Alpha dan lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman konsep; Pendekatan matematika; Eksperimen semu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 03 May 2024 04:02 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56190 |