Putri, Windi Rahayu (2022) Pengembangan Media Video Interaktif Siklus Hidrologi Pada Tema 8 Subtema 1 Berbasis Prezzi Di Kelas V SD Negeri 105278 Tandam Hilir II, T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311034_COVER.pdf
Download (46kB)
2. NIM. 1183311034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (328kB)
3. NIM. 1183311034_ABSTRAK.pdf
Download (349kB)
4. NIM. 1183311034_KATA PENGANTAR.pdf
Download (224kB)
5. NIM. 1183311034_DAFTAR ISI.pdf
Download (251kB)
6. NIM. 1183311034_DAFTAR TABEL.pdf
Download (64kB)
7. NIM. 1183311034_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (143kB)
8. NIM. 1183311034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (141kB)
9. NIM. 1183311034_BAB I.pdf
Download (179kB)
13. NIM. 1183311034_BAB V.pdf
Download (250kB)
14. NIM. 1183311034_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (392kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media video interaktif siklus hidrologi pada tema 8 subtema 1 berbasis prezzi di kelas V SD Negeri 105278 Tandam Hilir II, T.A. 2021/2022. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan (Research and evelopment) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yakni analisis (Anaysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri 105278 Tandam Hilir II yang berjumlah 36 orang. Sedangkan, objek dalam penelitian ini ialah media video interaktif siklus hidrologi pada tema 8 subtema 1 berbasis prezzi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni instrumen wawancara guru, kuesioner validasi ahli media dan ahli materi, kuesioner praktisi pendidik, angket respon siswa uji coba perorangan, angket respon siswa uji coba kelompok kecil, dan tes berupa soal. Hasil penelitian pengembangan media video interaktif siklus hidrologi pada tema 8 subtema 1
berbasis prezzi, menunjukkan hasil validasi media oleh validator ahli media
dengan hasil persentase 97,1% kategori “Sangat Layak”. Kemudian, validasi ahli
materi oleh validator ahli materi memperoleh hasil persentase 98,5% kategori
“Sangat Layak”. Uji kepraktisan oleh praktisi pendidik memperoleh hasil
persentase sebesar 95% kategori “Sangat Praktis”. Selanjutnya, hasil respon
peserta didik dengan uji coba perorangan diperoleh persentase 95,5% kategori
“Sangat Praktis”. Sedangkan, uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase
92,5% kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan media video
interaktif siklus hidrologi berbasis prezzi, dapat diketahui bahwa setelah
menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari
47,2 dengan kategori “Tidak Tuntas”, meningkat menjadi 81,94 dengan kategori
“Tuntas”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Video Interaktif; Berbasis Prezzi; Siklus Hidrologi/Siklus Air |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 03 May 2024 03:13 |
Last Modified: | 03 May 2024 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56178 |