Juniar, Femilya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X TKJ di SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173351012 COVER.pdf
Download (236kB)
2. NIM. 5173351012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (451kB)
3. NIM. 5173351012 ABSTRACT.pdf
Download (395kB)
4. NIM. 5173351012 PREFACE.pdf
Download (546kB)
5. NIM. 5173351012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (296kB)
6. NIM. 5173351012 TABLES.pdf
Download (261kB)
7. NIM. 5173351012 ILLUSTRATION.pdf
Download (341kB)
8. NIM. 5173351012 APPENDICES.pdf
Download (307kB)
9. NIM. 5173351012 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. NIM. 5173351012 CHAPTER V.pdf
Download (413kB)
14. NIM. 5173351012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (359kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media
pembelajaran interaktif berbasis Android dan juga untuk mengetahui efektivitas
media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi
Digital di Kelas X TKJ SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan Waterfall. Instrumen yang digunakan berupa
angket/kuesioner dan juga instrument tes hasil belajar. Angket divalidasi oleh 2 ahli
materi dan 2 ahli media, kemudian dilakukan uji coba perorangan, uji coba
kelompok kecil, dan juga uji coba respon siswa yang dilakukan kepada 15 orang
siswa X TKJ SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Penelitian uji kelayakan
menggunakan responden berjumlah 30 orang. Dimana kelas X TKJ 2 sebagai kelas
eksperimen siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis
Android dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol siswa tanpa menggunakan media
pembelajaran interaktif berbasis Android. Instrumen test hasil belajar yang
digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran interaktif
berbasis Android adalah tes pilihan ganda dengan jumlah soal 20.
Berdasarkan hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran didapatkan
bahwa hasil penilaian ahli materi sebesar 4,61 termasuk kategori sangat layak.
Berdasarkan hasil penilaian ahli media sebesar 4,61 termasuk kategori sangat layak.
Penilaian uji perorangan memperoleh nilai 4,10 dalam kategori sangat layak. Pada
nilai uji kelompok kecil mendapatkan nilai 4,27 dalam kategori sangat layak. Dan
pada uji respon siswa mendapat nilai 4,30 dalam kategori sangat layak. Berdasarkan
hasil penelitian uji efektivitas media pembelajaran didapatkan hasil data pretest
kelas eksperimen adalah 60,67 dan hasil posttest kelas eksperimen adalah 89.
Sedangkan kelas kontrol mendapatkan hasil pretest sebesar 55,67 dan hasil posttest
sebesar 74,33. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data
pretest dan posttest berdistribusi normal dan variannya homogen. dari uji beda nilai
kedua kelas diperoleh thitung sebesar 7,407 dan ttabel sebesar 1,701. Karena thitung >
ttabel maka H1 diterima. Beradarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran interaktif berbasis Android sangat layak digunakan pada mata
Pelajaran Simulasi Digital dan pada uji efektivitas diperoleh bahwa terdapat
pengaruh hasil belajar kelas eksperimen atau siswa yang menggunakan media
pembelajaran interaktif berbasis Android pada siswa kelas X TKJ SMK Swasta
Nusantara Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Efektivitas; Simulasi Digital |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 02 May 2024 08:22 |
Last Modified: | 02 May 2024 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56159 |