Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Survei Dan Pemetaan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan

Hasibuan, Leonardi (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Survei Dan Pemetaan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5163311017 COVER.pdf] Text
1. NIM 5163311017 COVER.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 2. NIM 5163311017 APROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5163311017 APROVAL SHEET.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 3. NIM 5163311017 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5163311017 ABSTRACT.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 4. NIM 5163311017 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5163311017 PREFACE.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 5. NIM 5163311017 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5163311017 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 6. NIM 5163311017 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5163311017 TABLES.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 7. NIM 5163311017 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5163311017 ILLUSTRATION.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 8. NIM 5163311017 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5163311017 APPENDICES.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 9. NIM 5163311017 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5163311017 CHAPTER I.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 10. NIM 5163311017 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5163311017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 5163311017 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5163311017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[thumbnail of 12. NIM 5163311017 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5163311017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 13. NIM 5163311017 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5163311017 CHAPTER V.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 14. NIM 5163311017 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5163311017 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 15. NIM 5163311017 ENCLOSURE-converted-compressed.pdf] Text
15. NIM 5163311017 ENCLOSURE-converted-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan validasi modul pembelajaran dasar survei dan pemetaan pada penggunaan alat total station bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan, (2) Mendapatkan kelayakan modul pembelajaran dasar survei dan pemetaan pada penggunaan alat total station yang dikembangkan sebagai modul pembelajaran bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model 4-D, meliputi tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melaui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Penilaian modul juga dilakukan oleh pengguna (mahasiswa).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul pembelajaran dasar survei dan pemetaan pada mata kuliah dasar survei dan pemetaan mengacu pada kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Hasil pengujin kelayakan oleh ahli media mendapat skor 85,83% dengan kategori Sangat Baik, hasil pengjian kelayakan ahli materi mendapat skor 158,5% dengan kategori Sangat Baik, dan hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa mendapat skor 80,33% dengan kategori Baik. Berdasarkan angket pengguna yang diisi 10 mahasiswa, memperoleh tingkat kelayakan 86,6% dengan kategori Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran dasar survei dan pemetaan layak digunakan mahasiswa yang mengambil mata kuliah dasar survei dan pemetaan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Modul; Modul Pembelajaran; Dasar Survei dan Pemetaan; dan Total Station
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2024 07:56
Last Modified: 20 Aug 2025 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56154

Actions (login required)

View Item
View Item