Efendi, Ilham (2023) PENGARUH PENERAPAN ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 097361 SERBELAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4161111033_Cover.pdf
Download (403kB)
4161111033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (217kB)
4161111033_Abstrak.pdf
Download (412kB)
4161111033_Kata_Pengantar.pdf
Download (518kB)
4161111033_Daftar_Isi.pdf
Download (417kB)
4161111033_Daftar_Gambar.pdf
Download (384kB)
4161111033_Daftar_Tabel.pdf
Download (385kB)
4161111033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (385kB)
4161111033_BAB_I.pdf
Download (678kB)
4161111033_BAB_V.pdf
Download (413kB)
4161111033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (587kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan etnomatematika pada permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 097361 Serbelawan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etnomatematika pada permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 097361 Serbelawan. Hal ini dibuktikan dengan perubahan jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran, dimana pada saat pretest hanya 13 siswa atau 44%dari seluruh siswa kelas V yang dinyatakan dengan kategori tuntas sedangkan pada setelah diberikan perlakuan dan diberikan posttest siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 25 siswa atau 86% dariseluruh siswa kelas V yang berjumlah 29 Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Etnimatematika; Permainan tradisional; Engklek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:41 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56151 |