Lestari, Ika (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X MIA MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192421012_Cover.pdf
Download (54kB)
4192421012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (241kB)
4192421012_Abstrak.pdf
Download (84kB)
4192421012_Kata_Pengantar.pdf
Download (194kB)
4192421012_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
4192421012_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
4192421012_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
4192421012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
4192421012_BAB_I.pdf
Download (310kB)
4192421012_BAB_V.pdf
Download (146kB)
4192421012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (263kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android, menguji kelayakan multimedia yang dikembangkan, mengetahui respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan dan menguji efektivitas multimedia pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model desain pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X MIA 9 MAN 1 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen wawancara, angket respon siswa dan instrumen tes. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 87,26% dengan kriteria sangat layak, penilaian oleh ahli media adalah sebesar 92,35% dengan kriteria sangat layak dan penilaian oleh ahli pengguna
(guru) adalah sebesar 95,6% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji respon siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbasis android adalah pada aspek
efektif sebesar 3,32 dengan kategori sangat efektif, pada aspek produktivitas sebesar 3,46 dengan kategori sangat prodduktif, pada aspek keamanan sebesar 3,3 dengan kategori sangat aman dan pada aspek kepuasan sebesar 3,33 dengan
kategori sangat puas. Keefektifan multimedia pebelajaran interaktif memperoleh nilai yang dihitung dengan gain sebesar 0,5. Hasil tersebut termasuk dalam kategori
sedang dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interktif berbasis android yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran fisika dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia; Android; Pembelajaran interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:25 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56145 |