PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA I-SPRING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON EL

PURBA, HOTMA DAMAYANTI (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA I-SPRING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON EL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192431015_Cover.pdf] Text
4192431015_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4192431015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192431015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4192431015_Abstrak.pdf] Text
4192431015_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192431015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192431015_Kata_Pengantar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4192431015_Daftar_Isi.pdf] Text
4192431015_Daftar_Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4192431015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192431015_Daftar_Gambar.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4192431015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192431015_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4192431015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192431015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4192431015_BAB_I.pdf] Text
4192431015_BAB_I.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4192431015_BAB_V.pdf] Text
4192431015_BAB_V.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4192431015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192431015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar (aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik) siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL berbantuan media i-Spring pada materi Larutan elektrolit dan non elektrolit yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Andam Dewi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah purposivve sampling dengan X PMIPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan X PMIPA 4 sebagai kelas ekperimen II. Desai penelitian yaitu Two Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes untuk hasil belajar kognitif dan metode observasi untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Chi Square, uji homogenitas dengan uji-F, dan uji hipotesis dua pihak. Analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif siswa pada model PBL sebesar 83,71 dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 74,27% dan model PjBL sebesar 80,57 dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 65,44%. Rata-rata hasil belajar siswa pada aspek afektif siswa diperoleh sebesar 65, 25 pada model PBL dan model PjBL sebesar 65,05. Untuk hasil belajar psikomotorik siswa pada model PBL sebesar 78,57 dan pada model PjBL sebesar 75,02. Pada uji hipotesis, hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah (2,17>1,99), (0,99<1,99), dan (2,07>1,99). Dengan demikian, adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa dan tidak ada perbedaan yang signifikan pada aspek afektif siswa antara model PBL dan PjBL berbantuan media i-spring pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Laruta elektrolit; hasil belajar; Larutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 06:04
Last Modified: 02 May 2024 06:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56129

Actions (login required)

View Item
View Item