PURBA, HOTMA DAMAYANTI (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA I-SPRING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON EL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192431015_Cover.pdf
Download (99kB)
4192431015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (337kB)
4192431015_Abstrak.pdf
Download (1MB)
4192431015_Kata_Pengantar.pdf
Download (187kB)
4192431015_Daftar_Isi.pdf
Download (117kB)
4192431015_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
4192431015_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
4192431015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
4192431015_BAB_I.pdf
Download (277kB)
4192431015_BAB_V.pdf
Download (115kB)
4192431015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (284kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar (aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik) siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL berbantuan media i-Spring pada materi Larutan elektrolit dan non elektrolit yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Andam Dewi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah purposivve sampling dengan X PMIPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan X PMIPA 4 sebagai kelas ekperimen II. Desai penelitian yaitu Two Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes untuk hasil belajar kognitif dan metode observasi untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Chi Square, uji homogenitas dengan uji-F, dan uji hipotesis dua pihak. Analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif siswa pada model PBL sebesar 83,71 dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 74,27% dan model PjBL sebesar 80,57 dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 65,44%. Rata-rata hasil belajar siswa pada aspek afektif siswa diperoleh sebesar 65, 25 pada model PBL dan model PjBL sebesar 65,05. Untuk hasil belajar psikomotorik siswa pada model PBL sebesar 78,57 dan pada model PjBL sebesar 75,02. Pada uji hipotesis, hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah (2,17>1,99), (0,99<1,99), dan (2,07>1,99). Dengan demikian, adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa dan tidak ada perbedaan yang signifikan pada aspek afektif siswa antara model PBL dan PjBL berbantuan media i-spring pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Laruta elektrolit; hasil belajar; Larutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:04 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56129 |