Nasution, Hidayah Tia Azriani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CASE METHOD BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192411004_Cover.pdf
Download (211kB)
4192411004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4192411004_Abstrak.pdf
Download (374kB)
4192411004_Kata_Pengantar.pdf
Download (370kB)
4192411004_Daftar_Isi.pdf
Download (309kB)
4192411004_Daftar_Gambar.pdf
Download (246kB)
4192411004_Daftar_Tabel.pdf
Download (274kB)
4192411004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (306kB)
4192411004_BAB_I.pdf
Download (796kB)
4192411004_BAB_V.pdf
Download (514kB)
4192411004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (548kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat kevalidan produk pengembangan bahan ajar berbasis case method berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, (2) untuk mengetahui
tingkat kepraktisan produk pengembangan bahan ajar berbasis case method berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, (3) untuk mengetahui tingkat keefektifan produk pengembangan bahan ajar berbasis
case method berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, dan (4) untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menerapkan bahan ajar berbasis case method berbantuan android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan
ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Swasta Methodist 7 Medan dan objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasis case method berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kevalidan pada ahli media sebesar 4,55 serta ahli materi sebesar 4,52 dengan kategori sangat layak (SL), (2) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kepraktisan pada rentang 76% - 100%, (3) Produk yang dikembangkan efektif sesuai dengan (a) hasil belajar
siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 94,28%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 88%, artinya telah tercapai indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran, (c) respon positif siswa, dan (d) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah mengaplikasikan bahan ajar berbasis case method berbantuan android dari rata-rata nilai pretest sebesar 54 menjadi 88 pada
nilai rata-rata posttest dan dari hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 0,71 dengan kategori
tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kempampuan pemahaman; Siswa; Android |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 05:41 |
Last Modified: | 02 May 2024 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56127 |