PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA NEGERI 1 SIEMPAT NEMPU HULU

Banjarnahor, Herawati (2023) PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA NEGERI 1 SIEMPAT NEMPU HULU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192421007_Cover.pdf] Text
4192421007_Cover.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4192421007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192421007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4192421007_Abstrak.pdf] Text
4192421007_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4192421007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192421007_Kata_Pengantar.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4192421007_Daftar_Isi.pdf] Text
4192421007_Daftar_Isi.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4192421007_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192421007_Daftar_Gambar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4192421007_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192421007_Daftar_Tabel.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 4192421007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192421007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 4192421007_BAB_I.pdf] Text
4192421007_BAB_I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4192421007_BAB_V.pdf] Text
4192421007_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4192421007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192421007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis problem based learning dan mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektivan dalam pembelajaran secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D yang dibatasi sampai tahap 3-D yaitu define, design dan development. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi ahli, angket, tes hasil belajar serta dokumentasi. Subjek penelitian meliputi validator ahli materi-media, guru dan peserta didik kelas XI PMIA II SMA N 1 Siempat Nempu Hulu.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) dihasilkan sebuah e-modul berbasis problem based learning pada materi suhu dan kalor, (2) kevalidan e-modul menurut ahli materi-media mendapatkan skor momen kappa 0,68 dengan kategori valid, (3) kepraktisan e-modul menurut guru dan peserta didik mendapatkan persentase sebesar 89,6% dan 97,1% dengan katogori sangat praktis, (3) berdasarkan hasil ketuntasan klasikal diperoleh 76,67% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning pada materi suhu dan kalor layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul fisika; Suhu; Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 05:09
Last Modified: 02 May 2024 05:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56125

Actions (login required)

View Item
View Item