Tumangger, Hendriko Yanmil Yoas (2023) PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT! PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAHAE JULU T.A.2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4183111072_Cover.pdf
Download (68kB)
4183111072_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (399kB)
4183111072_Abstrak.pdf
Download (143kB)
4183111072_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
4183111072_Daftar_Isi.pdf
Download (170kB)
4183111072_Daftar_Gambar.pdf
Download (140kB)
4183111072_Daftar_Tabel.pdf
Download (141kB)
4183111072_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
4183111072_BAB_I.pdf
Download (517kB)
4183111072_BAB_V.pdf
Download (139kB)
4183111072_Daftar_Pustaka.pdf
Download (303kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot! pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023 yang berjumlah 34 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot!. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu memberikan pre-test pada observasi awal, yang dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata pemecahan masalah matematika sebesar 65,176 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 52,94%. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot! pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023. Suatu upaya yang dilakukan itu disebut dengan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri 2 kali pertemuan. Hasil analisis data pada siklus I diperoleh rata-rata pemecahan masalah matematika sebesar 71,941 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 76,47% mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh rata-rata pemecahan masalah matematika sebesar 76,059 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 79,41%. Kelas telah tuntas memecahkan masalah dalam penelitian siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sudah tercapainya tujuan penelitian, yaitu untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot! pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Aplikasi khoot; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 05:00 |
Last Modified: | 02 May 2024 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56115 |