PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT! PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAHAE JULU T.A.2022/2023

Tumangger, Hendriko Yanmil Yoas (2023) PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT! PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAHAE JULU T.A.2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4183111072_Cover.pdf] Text
4183111072_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4183111072_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111072_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 4183111072_Abstrak.pdf] Text
4183111072_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4183111072_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111072_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4183111072_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111072_Daftar_Isi.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4183111072_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183111072_Daftar_Gambar.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4183111072_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183111072_Daftar_Tabel.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4183111072_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183111072_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4183111072_BAB_I.pdf] Text
4183111072_BAB_I.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 4183111072_BAB_V.pdf] Text
4183111072_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4183111072_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111072_Daftar_Pustaka.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot! pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023 yang berjumlah 34 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot!. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu memberikan pre-test pada observasi awal, yang dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata pemecahan masalah matematika sebesar 65,176 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 52,94%. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot! pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023. Suatu upaya yang dilakukan itu disebut dengan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri 2 kali pertemuan. Hasil analisis data pada siklus I diperoleh rata-rata pemecahan masalah matematika sebesar 71,941 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 76,47% mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh rata-rata pemecahan masalah matematika sebesar 76,059 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 79,41%. Kelas telah tuntas memecahkan masalah dalam penelitian siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sudah tercapainya tujuan penelitian, yaitu untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi kahoot! pada siswa SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A.2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran inkuiri; Aplikasi khoot; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 05:00
Last Modified: 02 May 2024 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56115

Actions (login required)

View Item
View Item