Lestari, Putri Ayu (2023) Pengembangan Materi Ajar Teks Negosiasi Berbentuk E-Comic Berbantuan Aplikasi Comic Life Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411012 COVER.pdf
Download (159kB)
2. NIM.2192411012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (901kB)
3. NIM.2192411012 ABSTRACT.pdf
Download (330kB)
4. NIM.2192411012 PREFACE.pdf
Download (540kB)
5. NIM.2192411012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (443kB)
6. NIM.2192411012 LIST OF FIGURE.pdf
Download (231kB)
7. NIM.2192411012 LIST OF TABLE.pdf
Download (233kB)
8. NIM.2192411012 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (228kB)
9. NIM.2192411012 CHAPTER I.pdf
Download (769kB)
13. NIM.2192411012 CHAPTER V.pdf
Download (256kB)
14. NIM.2192411012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (532kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan materi ajar teks negosiasi berbentuk e-comic berbantuan aplikasi comic life kelas X. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan 7 tahapan pengembangan yang telah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti selama proses pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pengembangan materi ajar teks negosiasi berbentuk e-comic yaitu dimulai dengan
analisis potensi dan masalah, pengumpulan data berupa analisis kebutuhan siswa, analisis RPP Guru, dan analisisi materi ajar. Tahap selanjutnya desain produk, uji validasi materi dan desain yang dilakukan oleh validator ahli desain dan validator ahli materi, kemudian tahap revisi materi dan desain, tahap uji coba produk berupa tanggapan peserta didik, dan tahap yang terakhir berupa produk akhir. Produk akhir yang dihasilkan berupa materi ajar teks negosiasi berbentuk e-comic berupa PDF sehingga bisa diakses melalui handphone pada aplikasi WhatsApp, Line, telegram dan aplikasi sejenisnya dengan bantuan sambungan internet. 2) Kelayakan materi ajar teks negosiasi berbentuk e-comic dari validator materi memperoleh hasil sebesar 80% (Layak), penilaian dari validator desain memperoleh hasil sebesar 80%
(Layak), penilaian guru bahasa Indonesia memperoleh hasil sebesar 90% (Sangat layak), dan penilaian dari siswa kelas X MIPA 2 memperoleh hasil sebesar 81,1% (Sangat layak). Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan
bahwa materi ajar teks negosiasi yang dikembangkan dalam bentuk e-comic layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan materi ajar, teks negosiasi, e-comic, comic life, metode R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 May 2024 04:17 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56110 |