PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Lumbantobing, Ezra Pebiola (2023) PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311021_Cover.pdf] Text
4193311021_Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4193311021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_Abstrak.pdf] Text
4193311021_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311021_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311021_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311021_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311021_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_BAB_I.pdf] Text
4193311021_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311021_BAB_V.pdf] Text
4193311021_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian True Experimental Design. Peneliti melaksanakan penelitian di SMA Swasta Methodist 7 Medan untuk mengetahui perbedaan antara model project based learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAS Methodist 7 Medan yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 40 siswa. Berdasarkan data pretest diketahui bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen adalah 55,97, sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol adalah 55,42. Pada data Posttest diketahui rata-rata nilai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Project Based Learning adalah 82,36. Sedangkan ratarata nilai pada kelas kontrol yang mengikuti model pembelajaran konvensional adalah 77,64. Dengan menggunakan uji hipotesis satu arah diperoleh �ℎ����� = 2,501 dan ������ = 1,684 pada signifikansi � = 0,05 sehingga �ℎ����� > ������. Maka dapat disimpulkan, �0 ditolak dan �� diterima sehingga terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMAS Methodist 7 Medan T.A 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning; Konvensional; Media Berbasis Android; Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 17:42
Last Modified: 01 May 2024 17:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56075

Actions (login required)

View Item
View Item