Angelika, Evelyn (2023) THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD TYPE TO IMPROVE STUDENTS’ PROBLEM-SOLVING ABILITY IN CLASS VII AT SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111030_Cover.pdf
Download (105kB)
4193111030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (517kB)
4193111030_Abstrak.pdf
Download (157kB)
4193111030_Kata_Pengantar.pdf
Download (307kB)
4193111030_Daftar_Isi.pdf
Download (185kB)
4193111030_Daftar_Tabel.pdf
Download (190kB)
4193111030_Daftar_Gambar.pdf
Download (160kB)
4193111030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (162kB)
4193111030_BAB_I.pdf
Download (518kB)
4193111030_BAB_V.pdf
Download (164kB)
4193111030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (153kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan ketuntasan klasikal siswa khususnya pada materi penyajian data, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Negeri 37 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di SMP Negeri 37 Medan. Objek penelitian ini adalah seluruh proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII-A SMP Negeri 37 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-A SMP Negeri 37 Medan. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan skor rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan peningkatan skor tiap indikator kemampuan pemecahan masalah yang dicapai pada tes akhir siklus I, tes akhir siklus II, dan tes akhir siklus III. Kemampuan siswa dalam memahami masalah meningkat dari 83,96 menjadi 85 dan 86,09. Kemampuan siswa dalam menyusun rencana meningkat dari 49,64 menjadi 67,83 dan 83,96. Kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana meningkat dari 48,45 menjadi 67,77 dan 81,77. Kemampuan siswa dalam melihat kembali meningkat dari 16,12 menjadi 66,12 dan 82,25. Nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah meningkat dari 51,09 menjadi 73,54 dan 83,48. Ketuntasan klasikal siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan klasikal setelah pelaksanaan tindakan siklus I sebesar 26% tuntas. Persentase ketuntasan klasikal setelah pelaksanaan tindakan siklus II meningkat 65% tuntas, dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus III meningkat menjadi 90% tuntas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran kooperatif tipe STAD; penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 17:07 |
Last Modified: | 01 May 2024 17:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56070 |